Agar Anak Tidak Nakal


Memiliki anak tentu sangat menyenangkan karena anak disamping merupakan anugerah terindah dari tuhan, sang anak juga membuat hari-hari kita menjadi lebih bahagia. Namun membuat anak tumbuh menjadi anak yang tidak nakal juga sangat penting sekali, karena tentu kita ingin anak terebut menjadi sukses suatu hari nanti. Anak yang memiliki kebiasaan disiplin tinggi tentu memiliki kemungkinan sukses yang lebih besar bila dibandingkan dengan yang lainya.
Sayangnya dengan kemajuan jaman saat ini mendidik anak untuk disiplin sangat sulit sekali karena banyak sekali tantangan dan godaan yang membuat sang anak semakin jauh dari kata disiplin. Dengan hadirnya berbagai gadget dan teknologi lainya semakin membuat anak dimanjakan dan terbuai dengan game atau permainan lainya pada gadget. Anak yang demikian sangat sulit untuk diatur sehingga sangat sulit untuk diharapkan masa depan seperti apa yang didapatnya kelak.
Penting sekali untuk membuat sang anak menjadi disiplin, berikut ini adalah berapa tips bagaimana mendidik anak menjadi lebih disiplin.
Hindari hukuman
Kebanyakan orang tua akan menghukum anaknnya bila melakukan kesalahan atau tindakan yang tidak berdisiplin agar si anak akan jera dan tidak akan mengulangi tindakanya lagi. Namun untuk jaman sekarang metode hukuman sama sekali tidak efektif, hukuman hanya akan membuat sang anak menjadi trauma atau bahkan akan menimbulkan kenakalan yang baru. Lantas bagaimana metode menangani anak ketika melakukan kenakalan?
Jawanya adalah dengan melakukan komunikasi yang baik dengan si anak tersebut. usahakan untuk berkomunikasi dengan anak ketikan anak melakukan kenakalan, jelaskan berbagai akibat dari kenakalan yang dibuat oleh anak dan mengapa hal tersebut tidak boleh di ulangi lagi.
Kenakalan positif
Tidak semua kenakalan bersifat negatif kalau anda memahaminya dengan baik. Beberapa kenakalan justru merupakan satu bentu tindakan positif yang selam ini tidak anda ketahui. Untuk itu jangan terlalu terburu-buru untuk berbuat menilai anak anda untuk nakal. Beberapa anak ada yang bolos sekolah demi bisa main musik atau melakukan kegiatan yang lainya, hal ini tentu saja positif karena anak memiliki minat tertentu yang sangat bagus untuk pengembangan dirinya. Yang adan harus lakukan adalah mengkomunikasikan dengan baik dengan anak kapan kegiatan tersebut harus dilakukan dan tidak mengganggu kegiatan wajib lainya seperti sekolah.
Bersikap terbuka
Cobalah bersikap terbukan terhadap anak anda. Kebanyakan anak nakal karena memiliki masalah komunikasi dengan orang tuanya sehingga melakukan pelampiasan di luar rumah. Anda harus bersikap terbuka, membukan keran komunikasi selebar-lebarnya dengan anak anda bahkan kalau perlu anda menjadi teman curhat untuk anak anda. Anda harus berpikir terbuka dengan segal kemungkinan sehingga tidak buru-buru untuk mencap buruk setiap kelakuan anak anda, ingat anda dan anak hidup di dua generasi dan jaman yang berbeda sehingga banyak hal yang bisa menjadi perbedaan anda dengan anak anda.
Kebebasan bertanggung jawab
Berilah kebebasan pada anak anda namun yang bertanggun jawab. Anda memberikan kebebasan terhadap anak anda dan anda juga memberikan batasan-batasan terhadap anakn anda. Usahakan untuk mengkomunikasikan terlebih dahulu tiap batasan yang anda inginkan terhadap anakn anda sehingga anak anda menerimanya. Dengan membuat anak anda menjadi anak yang memiliki kebebasan namun bertangguna jawab anda tentu tidak usah terlalu khawatir terhadap kelakuan anak anda di luar karena anda sendiri sudah mempercayainya, tentu ini sangat baik karena anda juga tidak mungkin untuk mengawasinya selama 24 jam bukan.