Cara Menyiapkan Pidato dan Presentasi


Anda akan pidato? Anda dituntut untuk presentasi? Kalau iya maka artikel cara mudah menyiapkan pidato dan presenstasi ini sangat berguna untuk anda. Pidato atau presentasi merupakan satu momok yang menakutkan bagi mereka yang tidak pernah berbicara di depan publik. Biasanya orang yang demikian ini adalah yang memang tidak pernah berbicara di depan publik satu kali pun, sehingga tidak mengetahui betapa menyenangkan berbicara di depan publik, mempengaruhi orang banyak dan menjadi pusat perhatian orang banyak.
Pidato atau presentasi sendiri adalah metode untuk menjelaskan pemikiran kita ke banyak orang sehingga orang-orang tersebut memahami dan menyetujui apa yang kita sampaikan bahkan kalau perlu mendukung kita. berpidato atau presentasi yang baik sudah menjadi kebutuhan terutama buat anda yang sedang mengejar karir, kalau anda memiliki kemampuan presentasi yang baik tentu itu akan sangat membantu karir anda agar cepat naik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyiapkan pidato atau presentasi anda dengan baik dan benar.
Pilih tema
Pilih tema yang akan anda sampaikan di depan audiens dan usahakan seluruh isi presentasi anda memiliki satu kesatuan dengan tema yang anda usung tidak terpencar atau loncat-loncat. Usahakan tema yang anda pilih relevan dengan banyak hal seperti pekerjaan anda, perusahaan, audiens dll.
Kenali pendegar anda
Anda haru mengenal audiens anda dengan baik, karena pendengar andalah yang menentukan tema yang anda pilih dan bagaimana anda menyampaikan isi presentasi anda. Anda bisa mengenali pendengar anda dengan melakukan pengelompokkan seperti umur, latar balakang pendidikan, daerah atau jenis kelamin. Dengan mengenal karakteristik pendengar anda maka anda dapat membangun pola komunikasi yang baik dan interaktif dengan pendengar anda.
Riset tema atau topik anda
Sebagai seorang pembicara di depan umum anda harus menguasai materi topik yang anda pilih dengan baik bahkan kalau perlu anda harus lebih menguasai dibandingkan dengan pendengar anda. Untuk itu anda harus melakukan sejumlah penelitian atau riset kecil-kecilan terhadap topik atau tema yang anda pilih. Anda bisa memulainya dengan membaca berbagai buku atau dokumen yang berkaitan dan mendukung isi presentasi anda. Tidak usah sungkan-sungkan untuk bertanya terhadap orang yang lebih ahli tentang topik yang akan anda sampaikan kalau itu memang diperlukan.
Gunakan cerita, humor dan metafora
Gunakan cerita, humor dan metafora dalam isi presentasi anda karena banyak orang yang sangat suka dengan cerita dan humor. Dengan cerita, humor dan metafora akan membantu membuat isi presentasi anda menjadi lebih interaktif dan komunikatif sehingga penyampaian isi dari presentasi anda menjadi lebih mudah. Orang yang mendengarkan anda pun akan merasa senang mendengarkannya dan fokus kepada anda.
Tulis isi presentasi anda
Anda tidak perlu terlalu pusing menghafalkan isi dari presentasi anda, anda cukup menuliskan isi presentasi atau pidato anda pada kertas, ini sangat membantu dibandingkan anda harus menghfal isi pidato. Anda juga bisa menambahkan berbagai macam coretan catatan pada kertas pidato anda jika memang perlu.
Singkat jelas dan padat
Gunakan bahasa yang singkat jelas dan padat, hindari bahasa yang cenderung berputar-berputar sehingga menimbulkan kebingungan. Isi pidato yang singkat namun jelas jauh lebih baik daripada isi pidato yang panjang namun tidak jelas.
Latihan
Latihan berpidato bisa anda lakukan saat gladi resik atau mungkin di rumah di depat kaca. Dengan latihan ini akan membuat pidato anda lebih sempurna.