Cara Mudah Membuat Dan Edit PDF Di Word


Cara membuat dan melakukan edit file PDF di word sangat penting sekali karena PDF merupakan jenis file yang populer saat ini, banyak sekali dokume yang disimpan menggunakan PDF. Sedangkan microsoft word sendiri merupakan jenis software editor dokemun yang paling populer dan digunakan oleh hampir semua orang.
Anda tidak perlu menggunakan  pdf editor untuk keperluan edit pdf dan bahkan anda tidak usah menggunakan acrobat reader atau pdf reader juga. Cukup dengan word saja, nah bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara untuk membuat dan melakukan edit PDF menggunakan microsoft word.
Save as PDF
Anda bisa menggunakan XPS add-in untuk membuat file PDF atau menyimpan dokumen anda menjadi PDF. Caranya adalah dengan melaukan save as kemudian pilih PDF or XPS maka dokumen anda akan disimpan dalam bentuk PDF. Fasilitas add in ini tersedia untuk aplikasi office di SP2 ke atas. Dan jika word anda tidak memiliki aplikasi add-in maka anda dapat mendownloadnya di laman atau web resmi dari microsoft.
Konversi word ke pdf online
Jika anda sedang tidak mengguanakan word atau mungkin anda tidak menggunakan OS windows maka cara ini sangat membantu anda untuk mengkonversi file word anda ke pdf. Anda dapat menggunakan jasa web word pdf converter untuk mengubah file word anda menjadi pdf. Anda tinggal masuk ke google dan ketika “word to pdf converter” maka anda disuguhi dengan ribuan web yang menyediakan jasa ini secara gratis, dan anda tinggal melakukan upload file word anda dan tinggal convert aja.
Dengan software converter
Banyak sekali software pdf converter yang tersedia gratis di internet dan anda bisa mencarinya kemudian anda bisa mengistalnya di komputer anda. Sehingga dengan software ini anda sudah tidak perlu lagi untuk online atau menggunakan word untuk membuat file PDF. Ada beberapa yang software yang berbayar namun carilah yang gratis.
Itulah beberapa cara untuk membuat file pdf dengan cara mengkoversi file word anda ke pdf atau file yang lainya seperti excel dengan mudah sehingga anda tidak perlu lagi pusing. Lantas bagaimana caranya mengedit file pdf sehingga bisa kita ubah semau kita.
Gunakan photoshop
Photoshop merupakan jenis software desain yang juga mampu mengedit file pdf anda, anda tinggal membuka pdf anda di photoshop kemudian tinggal edit dan simpan sebagai file pdf sudah jadi mudah bukan? dengan catatan sangat membantu sekali bila anda memiliki skil photoshop.  Dibandingkan dengan software editor lainya photoshop memiliki banyak sekali keleluasaan dalam hal pengeditan.
Pdf editor
Banyak sekali software pdf editor yang bisa membantu anda namun sayangnya kebanyakan berbayar. Dengan pdf editor anda bisa menambahkan catatan, bingkai, pada file pdf anda. Sangat membantu anda untuk melakukan presentasi.
Ubah ke word dulu
Anda bisa melakukan edit terhadap file pdf anda dengan mengubahnya terlebih dahulu dalam format word untuk kemudian anda tinggal edit di software word dan menyimpanya ke pdf. Caranya adalah konversi dulu pdf ke word menggunakan software OCR dimana software ini membanca setiap huruf dan me scanya menjadi huruf yang bisa di edit. Usahakan file pdf anda bersih dan jelas sehingga hasil scaning ocr menjadi sempurna, kalau pdf anda kotor atau tidak bersih sehingga banyak huruf yang terlihat tidak sempurna maka hasil yang anda dapatkan juga tidak akan sempurna.