Fakta Tentang Manfaaat Kacang untuk Kesehatan yang Harus diketahui

Suka dengan kacang? Banyak sekali orang yang sangat menyukai kacang karena rasanya yang sangat enak. Kacang merupakan bahan makanan yang sudah menjadi keseharian kita, namun tidak banyak yang mengetahui manfaat kacang bagi kesehatan kita karena banyak yang cenderung meremehkanya. Padahal dengan makan kacang banyak sekali manfaat yang kita dapatkan terutama untuk kesehatan kita.
Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang untuk kesehatan yang anda harus ketahui sehingga anda tidak akan meremehkanya lagi.
Mengatur gula darah
Dengan makan kacang secara teratur maka anda dapat mengatur kadar gula anda. Kacang sendiri memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik untuk menghindarkan anda dari tekanan darah tinggi. Kandunga serat pada kacang sangat membantu sistem pencernaan kita untuk memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat dijaga.
Menghacurkan kolesterol jahat
Kacang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dengan menghancurkan kolesterol jahat (HDL). Untuk itu kacang sangat baik untuk dijadikan bagian dalam menu makanan sehat menurunkan berat badan. Kandungan serat pada kacang sangat membantu menghancurkan berbagai kolesterol yang menempel padasaluran pencernaan, dan juga membantu mencegah darah untuk menyerap lemak pada makanan.Mengurangi kembung
Anda sering mengalami kembung pada perut anda?kalau iya maka kacang adalah jawabanya, kacang sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan kita membuang gas akibat mencerna makanan. Dengan makan kacang secara teratur kita dapat mengurangi gas pada perut kita dan sekaligus juga mengurangi resiko sakit perut karena gas dalam perut.
Kandungan serat tinggi
Kacang merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita. serat sangat penting untuk membantu sistem pencernaan kita, menghacurkan berbagai lemak dan kolesterol jahat. Serat pada kacang juga sangat membantu kinerja dari usus agar bekerja dengan optimal dalam mencerna berbagai nutrisi dari makanan yang kita makan.
Menurunkan resiko penyakit jantung
Karena manfaat kacang untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh maka secara tidak langsung kacang juga sangat efektif untuk menurunkan resiko penyakit jantung, karena salah satu penyebab utama dari penyakit jantung adalah kandungan kolesterol jahat dalam tubuh.
Mencegah anemia
Dengan makan kacang maka anda bisa menurunkan resiko penyakit anemia, hal ini dikarenakan kacang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Untuk diketahui bahwa salah satu penyebab utama dari anemia adalah kekurangan zat besi. Sangat baik bila dikombinasikan dengan jeruk karena kombinasi vitamin C dan zat besi sangat membantu menjauhkan anemia.
Kaya akan vitamin
Kacang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan vitamin, tercatat sejumlah vitamin B seperti tiamin, niacin, riboflavin, B6 dan juga folat adan di kacang. Sehingga banyak sekali manfaat kacang untuk kesehatan seperti mencegah penyakit kardiovaskuler.
Mencegah kanker
Kacang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sangat efektif untuk melindungi kita dari kemungkinan serangan penyakit bebahaya kanker. Kandungan antioksidan pada kacang akan melindungi sel-sel tubuh kita dari kemungkinan serangan radikal bebas penyebab utama dari kanker baik dari makanan yang kita makan atau dari kondisi lingkungan yang kotor. Berbagai macam kanker yang dapat di cegah adalah kanker pankreas, kanker payudara, kanker usus, kanker rektum. Disamping itu kacang juga memiliki kandungan senyawa saponin dimana senyawan ini sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.