Kenali Berbagai Tanda Dan Gejala Dehidrasi Atau Kekurangan Air

Apa penting air bagi anda? Apa akibatnya jika anda kekurangan air? Ari merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi umat manusia. tanpa air manusia tidak mungkin untuk hidup karena manusia membutuhkan air. Tubuh Manusia sendiri terdiri dari lebih dari 80 persen cairan sehingga mau tidak mau manusia sangat membutuhkan air untuk hidup.

Agar anda memiliki tubuh yang sehat anda harus memberikan asupan air yang cukup untuk tubuh anda. Minimal kebutuhan tubuh terhadap air yang harus dipenuhi adalah 8 gelas dalam satu hari jika kurang dari itu anda akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh sehingga hal ini sangat tidak baik untuk sistem metabolisme pada tubuh anda juga untuk sistem kekebalan tubuh anda. Air sendiri sangat berguna bagi kesehatan anda karena air menunjans sistem  kekebalan tubuh anda dengan mengeluarkan berbagai macam racun yang berbahaya dari dalam tubuh anda. Selain itu air juga sangat menunjang sistem metabolisme tubuh anda, air membantu organ pencernaan seperti usus atau organ lain untuk menghacurkan dan menghaluskan berbagai makanan yang dikonsumsi.
Berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala anda sedang mengalami dehidrasi akibat tidak minum air cukup.
Rasa haus
Tanda paling mudah ketika anda kurang minum air tentu saja anda akan merasakan haus. Hal ini dikarenankan tubuh anda mengirimkan sinyal kepada otak anda dan memberi tahu ke otak anda bahwa anda sedang dalam keadaan haus atau sangat perlu minum, kondisi tubuh yang demikian mengalami tenggorokan terasa kering atu mulut yang kering. Rasa haus sendiri merupakan suatu gejalan alami yang ada pada manusia, dengan rasa haus inilah manusia dapat bertahan hidup karena air sendiri merupakan kebutuhan paling mendasar dari manusia dan tidak tergantika, adalah rasa haus yang memberitahukan anda bahwa tubuh anda sedang membutuhkan air.
Warna urine
Warna urine juga dapat menunjukan bahwa anda sedang dalam keadaan dehidrasi atau kekurangna cairan. Biasanya air kencing pada orang yang dehidrasi atau kekurangan cairan berwarna kuning tua atau emas, hal ini dikarenakan ginjal kurang asupan air sehingga kotoran pada ginjal akan semakin menumpuk.
Sakit kepala
Sakit kepala menjadi salah satu gejala yang paling umum terjadi pada orang yang menderita dehidrasi atau kekurangan air. Hal ini dikarenakan otak sangat membutuhkan air dan ketikan otak kurang pasokan air maka akan memberikan respon dengan sakit kepala. Pusing atau sakit kepala juga disebabkan kondisi paru-paru yang kering sehingga membuat pernapasa terganggu sehingga suplai oksigen ke otak menjadi berkurang.
Mudah lelah
Jikan anda kekurangan air atau tidak cukup minum air maka tubuh anda menjadi mudah lelah dan kehilangan energi. Tanpa air tubuh anda bekerja ekstra keras untuk menopang segala kegiatan anda termasuk juga kegiatan dalam tubuh anda seperti sistem metabolisme dan sistem kekebalah tubuh, hal inilah yang membuat tubuh anda seringkali kehilangan tenaga dengan cepat. Air sendiri merupakan sumber energi yang utama bagi manusia karena mangandunga kandungan elektrolit yang tinggi sekali.
Mata cekung
Ada banyak lagi tanda atau gejala yang menunjukan anda terkena dehidrasi salah satunya adalah mata anda akan terlihat cekung dengan bekas hitam melingkar disekitar mata. Penampilan mata anda akan sangat mirip dengan orang yang kurang tidur atau kurang istirahat