Ketahui Berbagai Vitamin Yang Menjaga Kesehatan Mata Anda


Anda memiliki masalah dengan mata anda? Banyak sekali vitamin yang dapat menjaga kesehatan mata anda. Vitamin-vitamin tersebut bisa anda dapatkan dalam berbagai makanan alami sehingga anda tidak perlu susah-susah untuk mendapatkan vitamin yang penting untuk kesehatan mata anda. Wortel, brokoli dan sejumlah sayuran hijau adalah salah satu contoh sumber makanan yang sangat baik untuk menunjang dan menjaga kesehatan mata anda.
Kondisi lingkungan dan juga gaya hidup yang tidak sehat adalah beberapa penyebab yang menyebabkan semakin meningkatnya gangguan kesehatan mata. Salah satu gangguan mata yang paling populer adalah rabun atau mata minus. Akhir-akhir ini rabun tidak hanya diderita oleh orang yang berusia tua namun juga mereka yang berusia muda juga sudah memakai kacamata. Tidak heran kalau toko kacamata selalu penuh dengan orang yang ingin membeli kacamata, merekan beli bukan untuk gaya-gayaan lo, mereka beli karena memang mata merekan sedang terganggu atau minus.
Anda dapat menjaga kesehatan mata anda sehingga anda akan terhindar dari berbagai gangguan pada mata dan anda sendiri tidak perlu memakai kacamata nantinya dengan makan makanan yang mengandung vitamin penunjang kesehatan mata. Berbagai vitamin yang menunjang kesehatan mata adalah sebagai berikut.
Vitamin  A
Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin populer untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga sel-sel pada lapisan luar mata anda. Sel lapisan bagian luar mata ini tentu sangat penting sekali karena berguna untuk melindungi mata dari berbagai resiko infeksi bakteri pada mata. Jika anda kekurangan vitamin A maka mata anda akan terasa kering, perig, dan pandangan mata kurang.  Dalam jangka waktu yang lama kekurangan vitamin A akan menyebabkan kerusakan pada retina mata sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan kebutaan.
Anda tidak harus mengkonsumsi suplemen yang berharga mahal untuk mendapatkan asupan vitamin A. Yang anda lakukan cukup dengan makan sejumlah makanan alami yang memiliki kandungan vitamin A seperti wortel, susu, kentang, bayam dan berbagai sayuran hijau lainya. murah sekali bukan?
Vitamin C
Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda. Karena vitamin C berfungsi untuk memperkuat pembuluh darah pada retina mata. Karena vitamin C sangat penting untuk menjaga kesehatn retina anda maka kekurangan vitamin C dapat menyebabkan penurunan pada penglihatan anda. Banyak kasus jika kekurangan vitamin C tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan gangguan mata lainya seperti makula dan katarak, pada jangka waktu tertentu akan menimbulkan kebutaan.
Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan vitamin C pada berbagai makanan seperti jeruk, brokoli, apel, stroberi, dan paprika.
Vitamin E
Vitamin E adalah vitamin yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin E berfungsi untuk mecegah degenerasi sel pada mata, sehingga sel mata tetap berfungsi secara optimal. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan seperti degenerasi makula mata.
Anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan vitamin E dengan mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan yang  sangat kaya dengan vitamin E.
Beta-karoten
Bata karoten merupakan salah satu nutrisi sangat penting bagi kesehatan mata. Beta karoten berperan dalam pembentukan pembuluh darah dari kita sejak lahir. Banyak sekali makanan yang memiliki kandungan beta karoten, sehingga anda tidak perlu khawatir kekurangan beta karoten. Beberapa makanan yang memiliki kandungan beta karoten tinggi adalah mangga, melon, wortel dan paprika.