Ketahui Cara Mencegah Dan Menyembuhkan Depresi

Anda mengalami depresi? pekerjaan anda menjadi terganggu karena kondisi mental yang anda alami? Deperesi adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi akhir-akhir ini terutama pada orang yang bekerja kantoran. Dengan gaya hidup yang serba cepat dan sibuk ditunjang juga dengan gaya hidup yang tidak sehat membuat jumlah orang yang menderita depresi semaki meningkat dari tahun ke tahun.

Tidak heran kalau saat ini psikolog kebanjiran pasien penderita depresi. depresi sendiri adalah kondisi mental yang seringkali membuat bingung terutama buat penderita nya, untuk itu maka sangat layak untuk masuk pada kategori penyakit mental. Banyak yang beranggapan bahwa depresi lebih disebabkan oleh berbagai masalah yang membebani pikiran sehingga membuat pikiran sudah tidak muat lagi. Pendapat ini ada benarnya, namun yang tidak banyak diketahui oleh orang lain adalah bahwa depresi juga sangat bisa disebabkan oleh pola gaya hidup yang tidak sehat mulai dari olah raga sampai dengan makanan yang memicu depresi.
Berikut ini adalah cara atau tips yang direkomendasikan bagi anda untuk mencegah atau menurunkan resiko depresi pada diri anda.
Olahraga
Olahraga atau kegiatan fisik lainya sangat berguna untuk melindungi dan mengobati depresi. olahraga juga dapat menghancurkan dan membakar kalori atau lemak jahat dalam tubuh. dengan olahraga maka anda dapat memasukan oksigen 3 kali lipat terhadap tubuh anda, oksigen sendiri adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi otak agar berfungsi secara optimal. Pada satu penelitian disebutkan bahwa penderita depresi yang melakukan aktivitas olahraga ternyata mampu menurunkan tingkat depresinya secara signifikan.
Tidur yang cukup
Banyak orang yang meremehkan tidur, padahal tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tidak hanya fisik namun juga kesehatan mental. Pada satu penelitian menunjukan orang yang mengalami insomnia atau sulit tidur memiliki tingkat resiko menderita depresi 10 kali lipat dibandingkan dengan merekan yang cukup tidur.
Tidur memberikan waktu yang maksimal buat otak untuk berisitirahat sekaligus juga membantu proses regenerasi sel otak. Dengan tidur yang cukup maka anda dapat meningkatkan kadar hormon melatonin pada otak anda, untuk anda ketahui hormon melatonin adalah salah satu hormon yang sangat penting bagi untuk membuat otak jadi tenang.
Hindari gula
Untuk mencegah depresi anda haru menghindari gula, karena pada satu studi disebutkan bahwa gula dapat memicu meningkatnya resiko depresi. gula dapat menyebabkan proses stres oksidatif dimana proses kimia alami dalam otak menjadi terhambat.
Hindari alkohol
Minuman alkohol adalah minuman wajib anda hindari agar anda terhindari dari depresi banyak orang yang depresi atau memiliki beban pikiran berat justru lari ke alkohol. Dan bahkan menganggap akohol sebagai salah satu solusi untuk permasalahan mereka. Padahal anggapa semacam ini adalah perangkap, resiko depresi akan semakin tinggi bila peminum alkohol ketagihan.
Makanan sehat omega 3
Banyak sekali makanan sehat yang sangat berguna untuk melindungi diri anda dari depresi karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Salah satu nutrisi penting untuk menurunkan resiko depresi adalah asam lemak tak jenuh omega 3. Omega 3 berperan penting untuk menjaga suasana hati menjadi tenang sehingga dapat menurunkan tingkat depresi serta gangguan mental lainya. anda bisa dengan mudah mendapatkan asupan omega 3 dengan makan makanan yang mengandung omega 3 seperti sayuran, kacang-kacangan, telur, dan juta ikan seperti salmo atau tuna.