Ketahui Jenis-Jenis Printer


Anda mau membeli printer? Anda bingung printer apa yang cocok dengan kebutuhan anda? Memilih jenis printer yang terbaik adalah satu kegiatan yang sangat penting bagi anda terutama yang berhubungan dengan atau tidak bisa lepas dari printer seperti seorang desainer. Karena jika anda salah memilih printer maka bisa dipastikan semua hasil pekerjaan anda tidak akan maksimal, dengan kata lain sia-sia pengorbanan anda.
Disinai saya akan memberikan gambaran tentang berbagai jenis printer yang bisa menambah wawasan anda tentan printer sehingga anda dapat mencari atau mendapatkan printer yang cocok dengan kebutuhan anda.
Printer Dot matrix
Printer Dot matrix adalah teknologi printer yang paling kuno. Buat yang berusia 30 tahunan pasti pernah mengalami menggunakan printer jenis ini, dimana kualitas cetak printer yang dihasilkan sama dengan mesin ketik. Untuk yang tidak pernah mengetahui printer jenis ini tinggal lihat mesin cetak pada kasir saja yang sampai saat ini memiliki kemiripan kualitas dengan printer dot matrix. Ciri khas lainya priter dot matrix adalah suaranya yang lebih berisik dan keras bila dibandingkan dengan printer saat ini.

Ink jet printer
Ink jet printer adalah jenis printer yang paling banyak ada di pasaran, di pasaran printer ink jet tersedia dari harga yang paling murah sampai dengan harga yang mahal. Buat anda yang pernah melakukan aktivitas print pasti sudah mengenal ink jet printer. Rental komputer sendiri banyak menyediakan printer ink jet.
Biasanya semakin mahal harga dari printer ink jet maka kualitas warnanya juga akan semakin bagus, dengan resolusi DPI yang semakin tinggi. Dengan catatan jenis tinta yang digunakan juga termasuk jenis dengan kualitas yang bagus oke.
Printer dengan jenis Ink jet biasanya bekerja dengan menyemprotkan cairan tinta langsung ke kertas, dengan tinta yang sudah di tempatkan pada kartrid. Sehingga tinta pada kartrid harus sering sering diganti karena habis kalau tidak akan cenderung membuat printer jadi rusak. Semakin bagus kualitas tinta kartrid maka akan semaki bagus pula kualitas cetakan yang dihasilkan. Namun printer jenis ini memiliki kelemahan yaitu pergantian tinta yang terlalu sering tentu saja akan membuat biaya untuk tinta menjadi mahal dan biasanya tinta hasil cetakan padat kertas sangat rentan terhadap kerusakan karena air.
Printer  laser
Printer jenis laser merupakan suatu printer dengan teknologi terkini dimana printer ini mengadopsi teknolgi yang sering digunakan untuk menggambar pada berbagai benda seperti drum. Biasanya printer laser memiliki kualitas yang jauh di atas Ink jet printer sehingga memiliki hasil cetakan dan gambar yang lebih akurat. Printer jenis laser ini biasanya sering digunakan oleh para desainer yang menginginkan hasil lebih baik, banyak sekali perusahaan yang bergerak dalam desain juga menggunakan printer jenis ini. Maka tidak heran kalau printer jenis laser ini menjadi tren di dunia desain dan tersedia dalam berbagai macam ukuran dari kecil untuk mencetak dokumen sampai dengan printer dengan ukuran besar yang bertujuan untuk mencetak poster atau spanduk.
Printer jenis laser bila dibandingkan dengan ink jet printer memang memiliki kualitas jauh di atas, namun yang perlu diketahui bahwa harga printer laser juga jauh lebih mahal. Yang membedakan dengan printer ink jet lainya adalah cartridge yang dipakai cuman satu dan hanya dipakai satu kali saja sehingga tidak bisa digunakan lagi bila tinta sudah habis.