Ketahui Manfaat Berkebun Bagi Anda

Anda memiliki halaman rumah yang luas? Sudahkah anda memanfaatkan halaman anda untuk berkebun? Untuk anda ketahui berkebun merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan di dunia ini. Sangat sayang kalau memiliki halaman luas di rumah dan tidak dimanfaatkan untuk berkebun. Banyak orang yang beranggapan bahwa berkebun adalah kegiatan yang sama sekali tidak menyenankan dan dianggap kuno. Namun di negara maju jumlah orang yang memanfaatkan halaman rumahya atau tanah kosong di sekitar rumahnya untuk berkebun semakin meningkat. Jadi sama sekali tidak ada alasan untuk menganggap berkebun itu kuno.
Berkebun di halaman rumah anda sangat perlu untuk di budidayakan atau di galakan, kenapa? Berikut ini adalah alasan manfaat anda berkebun di halaman rumah anda.
Suplai kebutuhan makanan anda
berkebun di rumah dengan sayuran hijau atau buah-buahan sangat membatu suplai makanan anda bukan. jika anda sedang ingin masak sayuran anda tinggal mengambil bahanya di halaman kebun anda, dan tidak harus membeli. Dengan demikian anda sangat mandiri tidak tergantung pada pasar atau tukang sayur lewat untuk membeli sayuran. Disamping itu dengan mengkonsumsi sayuran yang anda tanam sendiri maka anda lebih bisa menjamin kualitas kesehatan dari sayuran tersebut. untuk anda ketahui kebanyakan sayuran yang beredar di pasaran atau tukang sayur biasanya di budidayakan menggunakan cairan kimia seperti pestisida yang tentunya berbahaya bagi tubuh dan kualitas nutrisi dari sayuran tersebut juga jauh berkurang.
Hemat uang
Dengan menggunakan bahan makanan yang berasal dari kebun yang anda tanami sendiri secara otomatis anda akan menghemat pengeluaran anda bukan? anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli sayuran atau buah-buahan untuk kebutuhan anda. Dan satu lagi yang sangat penting adalah anda tidak perlu khawatir dengan berbagai kenaikan atau lonjakan harga pada sayuran atau buah yang biasanya disebabkan oleh hari raya, atau karena kenaikan BBM karena anda sendiri sudah memilikinya di rumah bukan.
Berkebun itu menyenangkan
Berkebun itu adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, mungkin ini terdengar aneh buat anda yang tidak pernah berkebun. Berkebun berarti proses menanam tanaman dari bibit sampai tua sehingga layak panen. Hal inilah yang menyenangkan melihat dan memelihara tanaman adalah sesuatu yang sulit untuk di ucapkan karena memang harus dilakukan saja. Berkebun juga merupakan kegiatan yang mampu menurunkan tingkat stres atau depresi sangat cocok untuk diterapkan bagi anda yang memiliki gaya hidup sibuk. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk berkebun selain kegiatan ini sangat menyenangkan mereka juga dapat memberikan edukasi atau pendidikan yang baik buat anak anda.
Sumber obat
Beberapa tanaman termasuk tanaman obat atau tanaman herbal yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan anda. Dengan menanam tanaman toga seperti jaher dll maka anda tidak perlu khawatir tentang kebutuhan obat ketika sakit, karena anda tinggal mengkonsumsi tanaman herbal tersebut atau mengkombinasinya menurut resep tertentu anda sudah bisa menyembuhkan penyakit anda secara alami, menarik bukan? isilah kebun anda dengan tanam toga.
Membuat rumah anda sejuk dan menyenangkan
Dengan berkebun pada halaman rumah, atau di dalam rumah akan membuat suasana rumah anda menjadi lebih menyenangkan sejuk dan nyaman. Karena rumah dan sekitar halam rumah anda akan di kelilingi oleh tumbuhan hijau yang membuat rumah jadi sejuk dan nyaman, sangat cocok untuk menghilangkan penat, lelah dan stres setelah bekerja.