Penyakit Mematikan Kanker Prostat Kenali Dan Ketahui Gejalanya

Anda kenal kanker prostat? Anda tahu gejala dari kanker prostat? Sebagian besar orang yang ditanya pertanyaan ini akan menjawab tidak. Padahal untuk anda ketahui kanker prostat merupakan salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya dan jumlah penderita kanker prostat sendiri semakin meningkat dari tahu ke tahun. Di amerika sendiri dari data terbaru tahun lalu tercatat jumlah penderita kanker prostat sebesar lebih dari 240.000 kasus. Merupakan jumlah terbesar penderita kanker.
Kanker prostat sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang organ prostat dalam tubuh kita. prostat merupakan suatu organ tubuh yang terletah di bawah kandung kemih dan di depan rektum. Kelenjar prostat sendiri merupakan kelenjar yang berperan untuk melindungi dan memperkaya produksi sperma dalam tubuh. pertumbuhan sel kanker pada kelenjar prostat sendiri dapat mengganggu funsi kelenjar prostat secara optimal. Maka tidak jarang orang menderita kanker prostat salah satunya ditandai dengan sulit kencing.
Gejala kanker prostat
Susah kencing
Gejala populer dari kanker prostat adalah sulit buang air kecil hal ini dikarekan terganggunya kandung kemih dalam tubuh yang tidak berfungsi secara normal karena perubahan bentuk dan fungsi prostat secara normal. Pertumbuhan kelenjar prostat yang tidak normal ini akan menekan kandung kemih sehingga membuat penderita kanker prostat sulit untuk buang air kecil.
Sering bangun malam untuk buang air kecil merupakan salah satu gejal kecil dari kanker prostat, namun demikian masih membutuhkan konsultasi dari dokter ahli untuk mengetahui gejala sesungguhnya karena kemungkinan bisa jadi disebabkan oleh diabetes.
Kencing darah
Salah satu gejala lainya adalah kencing darah atau kencing yang tidak hanya mengeluarkan urin namun juga mengeluarkan darah. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan dan kelenjar prostat karena sel kanker sehingga menyebabkan gangguan terhadap saluran kencing dalam tubuh. kencing darah juga bisa berarti adanya infeksi pada kandung kemih karena pertumbuhan kelenjar prostat yang tidak normal.
Disfungsi ereksi
Disfungsi ereksi menjadi salah satu gejala dari kanker prostat, karena pertumbuhan dari kelenjar prostat yang mengganggu kandung kemih akan membuat kandung kemih terinfeksi atau tidak berperan secara optimal sehingga akan mengganggu produksi sperma dalam tubuh. penderita kanker prostat umumnya sangat kesulitan untuk ereksi.
Nyeri tulang
Kanker prostat dapat menyebabkan rasa nyeri pada pinggul bagian bawah hal ini dikarenakan sel kanker dapat menyebar pada bagian tubuh yang lainya salah satunya adalah tulang. Tidak heran kalau penderita kanker prostat akan mengalamin nyeri tulang, nyeri tulang belakang, nyeri pinggul dan juga nyeri tulang paha.
Faktor penyebab
Umur
Pada suatu penelitian menyebutkan bahwa umur merupakan salah satu faktor utama terhadap timbulnya kanker prostat. Dalam penelitian disebutkan kanker prostat lebih banyak di derita oleh mereka yang berumur minimal 65 tahun. Namun demikian banyak juga penderita kanker prostat yang memiliki umur di bawah 65 tahun.
Keturunan
Garis riwayat keturunan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi timbulnya kanker prostat. Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker prostat memiliki resiko yang lebih besar untuk menderita kanker prostat.
Gaya hidup
Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab semakin meningkatkanya penderita kanker prostat adalah gaya hidup yang tidak sehat hal ini tidak terlepas dari pola hidup yang serba moderen sehingga membawa perubahan gaya hidup yang tidak sehat. merokok dan alkohol menjadi penyebab utama bagi timbulnya kanker prostat.