Tips Agar Tidak Mudah Marah

Tips agar tidak mudah marah ini saya dapatkan melalui berbagai pengalaman saya sendiri, saya sendiri sebelumnya adalah orang yang mudah marah. Saya karena beban pekerjaan yang berat ditambah dengan masalah rumah tangga membuat saya mudah marah. Perilaku saya yang mudah marah ini semakin membuat kondisi saya dan lingkungan saya semakin memburuk, di kantor banyak sekali pekerjaan yang tidak dapat saya selesaikan dengan baik sehingga kinerja saya sendiri bisa dibilang semakin memburuk.
Di rumah saya juga melalui hidup dengan pertengkaran. Namun segalanya menjadi berubah dan kehidupan saya menjadi normal seperti sediakala karena saya sudah dapat menahan amarah saya, saya dapat menekan kemarahan saya. Di kantor semua pekerjaan saya dapat terselesaikan dengan baik sehingga kinerja saya terbilang memuaskan bahkan bos saya sendiri memuji muji saya. Di rumah saya juga menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis dan menyenangkan sehingga saya menjalani seluruh kehidupan saya dengan cara yang sangat menyenangkan. Berikut ini saya bagi pengalaman saya meredam kemarahan saya sehingga membuat saya tidak mudah marah dan menjadi sehat jasmani dan rohani.
Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan bersifat fisik yang menyenangkan, saya sendiri menjalani aktivitas olahraga secara rutin tiap harinya dengan melakukan joging, atau kalau tidak joging saya bersepeda. Ternyata olahraga dapat membuat pikiran saya jadi tenang sehingga tidak mudah marah. Olahraga selain sangat baik atau menunjang kesehatan tubuh kita secara fisik, ternyata juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental kita dimana membuat pikiran dan mental kita menjadi segar dan tenang.
Berpikir sebelum berbicara
Banyak orang yang bilang bahwa manusia memiliki dua telinga dan satu mulut itu bertujuan agar manusia lebih banyak mendengar dibanding berbicara. Kebanyakan amarah atau sifat marah dimulai dengan berbicara tanpa berpikir segala akibatnya atau tanpa berpikir terlebih dahulu omonganya bahkan kebanyakan juga berakhir dengan pertengkaran dengan orang lain karena orang tersebut merasa tersinggung.
Istirahat
Istirahat yang cukup sangat penting sekali dan saya buktikan, dengan istirahat yang cukup ternyata membuat pikiran saya menjadi normal dan tidak mudah marah. Dengan istirahat yang cukup pikiran saya menjadi lebih tenang, saya melakukan istirahat yang cukup dengan cara tidur sebanya 7-8 jam mulai jam 9 malam tidak lebih dan saya juga menghindari begadang dan tidur malam. Pada istirahat kerja saya juga mengusahakan untuk tidur sebentar paling lama 30 menitan dan hasilnya pikiran saya menjadi tenang tidak mudah marah. Tindakan ini terinspirasi dari berbagai penelitian yang menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menimbulkan stres dan depresi.
Fokus pada solusi
Setiap orang memiliki masalah setiap harinya baik saya atau anda semua pasti pernah mengalaminya. Adalah bagaimana kita menyikapinya yang paling penting, pada awalnya saya sendiri termasuk orang yang sangat mudah marah ketika menghadapi sedikit masalah saja. Namun seiring jalanya waktu saya sudah tidak marah lagi ketika ada masalah, karena saya sudah memiliki cara untuk menghadapinya. Saya sendiri selalu berfokus pada solusi dan mencari solusi pada setiap masalah yang ada dengan cara yang demikian saya lebih bisa menyelesaikan setiap masalah karena fokus pada penyelesaian. Saya sekarang juga menganggap setiap masalah adalah biasa untuk dihadapi dan itu adalah tantangan hidup bagi kita semua bahkan agak aneh kalau kita tidak mendapati masalah sama sekali.