Tips Desain Rumah Sendiri dengan Mudah


Memiliki rumah dengan desain sendiri merupakan idaman bagi banyak orang, karena rumah desain sendiri merupakan rumah impian benar-benar sesuai dengan keinginan, kemampuan serta kebutuhan secara spsifik. Dengan memiliki rumah desain sendiri anda keunikan serta jati diri anda bisa dituangkan dalam bentuk rumah, alhasil rumah anda benar-benar beda dengan yang lainnya. Anda pun akan merasa nyaman karena sebelumnya sudah memikirkan dan menimbang segala keinginan dan kebutuhan anda.
Memiliki rumah dengan desain sendiri sudah menjadi tren baru saat ini karena banyak kemudahan yang didapatkan pada jaman sekaran. Berbagai perangkat alat seperti software desain sudah banyak tersedia dan juga banyak sekali ahli arsitek yang bisa membantu dan menerjemahkan desain anda sendiri sehingga anda tidak perlu khawatir tentant desain anda. Berikut ini adalah beberapa tips bagi anda yang ingin mendesain rumah anda sendiri.
Tentukan visi anda terlebih dahulu
Visi tentang desain rumah anda sangat penting sekali sebagai awal untuk mendesain rumah anda sendiri. Tentukan apakah rumah anda berteman lingkungan atau alam, bertema modern, bertema minimalis, atau mewah. Hubungkan tema desain rumah anda sesuai dengan kepribadian anda, walaupun sama-sama bertema lingkungan serba hijau tentu bagi seorang desainer, seniman, insinyur, staf atau pengusaha tentu akan sangat berbeda satu sama lain.
Cari lokasi sesuai keinginan anda
Carilah lokasi atau tempat untuk membangun rumah sesuai dengan keinginan anda, apa anda ingin rumah yang memiliki latar belakan pegunungan, rumah yang berada di kawasan perkotaan atau mungkin anda ingin membangun rumah anda di daerah pedesaan yang jauh dari kebisingan kota. Lokasi sangat penting sekali untuk mewujudkan visi anda tentang rumah anda, karena lokasi adalah faktor yang tidak bisa diubah sama sekali berbeda dengan bentuk rumah, anda bisa mendesain ulang bentuk rumah anda jika anda merasa ada yang tidak sesuai.
Lokasi tempat anda membangun rumah anda juga harus membutuhkan kebutuhan anda, untuk anda yang bekerja di daerah kota, tentu memiliki rumah daerah perkotaan jauh lebih baik karena akan memudahkan akses anda untuk bekerja. sedangkan bagi anda yang pensiun dan ingin menikmati hari tua dengan tenang daerah pegunungan atau desa mungkin sangat cocok dengan anda.
Cari ide
Untuk ide bentuk desain rumah anda bisa mencarinya dengan mudah lewat internet, anda bisa dengan mudah mencarinya di google bentuk rumah seperti apa yang anda ingingkan atau mendekati yang anda inginkan. Anda juga bisa mencari ide bentuk desain rumah dengan mengunjungi open house atau pameran terbuka perumahan, anda cukup mengunjungi pameran tersebut dan mengambil beberapa brosur rumah tersebut. anda juga bisa mem foto rumah yang bagus untuk dijadikan bahan ide anda jika anda mendapati rumah tersebut di jalan.
Menggambar desain
Anda bisa menggambar desain rumah anda dengan menggunakan pensil pada kertas kosong. Gambar sesuai dengan bayangan anda bentuk rumah yang anda ingingkan. Kemudian lanjutkan pada detail isi rumah yang anda inginkan, anda bisa memulainya dengan ruang tamu, ruang tidur, kamar mandi, halaman rumah dan kebun. Gambar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda, tidak usah terlalu detail sampai presisi ukuran segala.
Konsultasikan ke arsitek ahli
Gambar rumah yang anda gambar tadi bisa anda konsultasikan ke arsitek ahli yang akan membantu anda untuk menerjemahkan keinginan dan kebutuhan anda. Arsiteklah yang akan membuat ukuran rumah anda menjadi lebih spesifik dan terperinci juga tentang segala hal tetek bengek perhitungan bangunan rumah anda.