Tips Kesehatan Gigi dan Mulut

Gigi memiliki fungsi yang sangat vital bagi kita, gigi membantu kita untuk menghancurkan berbagai makanan yang kita makan sehingga makanan tersebut menjadi lembut dan lebih bisa di cerna oleh organ bagian dalam tubuh kita seperti usus kita.
Gigi sebagai salah satu organ yang vital bagi tubuh kita ternyata memiliki kemampuan untuk mendeteksi kesehatan kita. dengan hanya melihat kondisi kesehatan gigi kita maka kita bisa mendeteksi penyakit apa yang mungkin ada dalam tubuh kita. anda tentu kaget bukan? beberapa penelitian menunjukan bahwa banyak sekali penyakit terntentu yang menunjukan gejala atau tanda untuk dikenali melalui gigi. Berikut ini adalah beberapa gejala pada gigi yang menunjukan kesehatan anda.
Gusi berdarah atau peradangan
Jika anda mengalami gusi berdarah atau peradangan pada gusi anda, maka anda perlu khawatir dengan kondisi kesehatan anda. Gusi yang berdarah merupakan salah satu gejala dari penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan orang yang menderita diabetes biasanya lebih rentan untuk terserang atau terinfeksi bakteri kuman pada gusinya. Untuk itu penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk melakukan pembedahan mulut atau operasi cabut gigi, karena sangat rentan akan resiko pendarahan dan infeksi bakteri atau kuman pada gusi.
Peradangan gusi juga dapat menumbuhkan penyakit jantung karena adanya sumbatan saluran darah ke gusu sehingga akan menyebabkan penyempitan arteri pembuluh darah.
Gigi tiba-tiba lepas
Gigi yang tiba-tiba lepas atau rontok padahal tidak sedang sakit gigi atau usia yang tua bisa jadi menunjukan tanda-tanda penyakit gastroesophageal reflux (GERD) atau sering dikenal sebagai penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan asam pada lambung naik ke tenggorokan untuk kemudian masuk dan merusak mulut juga merusak lapisan email pada gigi sehingga membuat gigi lepas secara tiba-tiba. Disamping itu asam lambung ini juga bisa menyebabkan kebusukan pada gigi atau sisa makan yang menempel pada gigi dengan cepat sehingga akan merusak gigi.
Sariawan
Sariawan merupakan penyakit yang disebabkan oleh salah satunya luka pada mulut yang disebabkan oleh gigitan kita sendiri terhadap dinding mulut kita, atau mungkin karena bahan makanan yang memiliki tekstur kasar sehingga melukai mulut kita. namun jika anda memiliki sariawan yang tiba-tiba padahal anda juga tidak sedang menderita sakit gigi, maka anda layak sekali untuk khawatir karena ada kemungkina anda menderita kanker mulut. Yap benar sekali, salah  satu gejal utama dari kanker mulut adalah sariawan secara tiba-tiba. Kanker mulut sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang memiliki jumlah penderita sangat banyak sekali, dan kebanyak dari penderita kanker mulut berakhir dengan kematian, hal ini dikarenakan terlambatnya untuk mendetaksi petanda dan gejala dari kanker mulut. Salah satu gejala atau petanda dari kanker mulut adala sariawan yang tiba-tiba.
Gigi lepas dan gusi berkerut
Gigi lepas dan gusi berkerut atau surut merupaakn salah satu gejala utama dari penyakit osteoporosis atau tulang keropos yang lebih disebabkan usia tua dan kurangnya nutrisi kalsium tubuh. jadi tidak usah susah-susah untuk mendeteksi tentang kemungkinan menderita osteoporosi atau tidak dengan jalan rontgen, cukup dengan melihat kondisi gigi dan gusi, sudah bisa mendeteksi osteoporosis dengan  mudah.