Tips Memiliki Rumah yang Nyaman

Anda ingin memiliki rumah yang nyaman? atau anda merasa rumah anda tidak nyaman sehingga seringkali membuat anda tidak moody. Rumah yang nyaman akan membuat anda betah untuk berada dirumah, sekaligus juga memberikan semangat yang baik. Berikut ini adalah tips bagaiman membuat rumah anda nyaman.
Langit-langit
langit-langit yang lebih tinggi dapat membuat penghuni rumah memiliki perasaan lebih bebas secara fisik, biasanya sangat cocok bagi anda yang memiliki jiwa bebas, suka musik, suka seni. Sedangkan langit-langit rumah yang rendah sangat cocok bagi anda yang memiliki tipikal fokus dan berorientasi pada hal-hal yang detail biasanya sangat cocok bagi mereka yang bergelut di dunia keuangan atau akuntansi. Jadi dalam hal ini yang terpenti adalah mengidentifikasi anda termasuk tipe orang yang seperti apa sehingga anda dapat dengan mudah menyesuaikan ketinggian langit rumah anda.
Pemandangan luar
Pemandangan luar rumah yang cenderun hijau asri dan alami akan membuat anda menjadi lebih nyama sehabis kerja, karena pandangan yang hijau akan mengurangi kelelahan anda dan juga sekaligus membuat pikiran anda menjadi jernih dan segar. Sebaliknya pemandang luar yang sesak penuh dengan gedung-gedung bertingkat akan membuat anda jadi mudah stres. Jika anda memang memilik pandangan luar rumah yang buruk, anda bisa mengakalinya dengan memberikan tanaman hijau di ruangan dalam rumah anda.
Cahaya
Pengaturan cahaya sangat penting sekali, anda harus memaksimalkan paparan sinar matahari untuk menerangi rumah anda sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu pada siang hari. Dengan kondisi rumah yang terang tidak redup akan menhindarkan anda dari kondisi seperti jetlag. Sebaliknya ruang tidur yang gelap sangat baik untuk membantu tidur lebih cepat karena kondisi gelap akan meningkatkan produksi hormon melatonin dalam tubuh anda.
Bentuk
Hindari sudut runcing pada perabotan jikan anda memiliki anak, karena sudut runcing pada perabotan sangat berbahaya bagi anak anda. Hal ini juga akan menyulitkan anda untuk berinteraksi dengan anak anda dengan bebas.
Isi rumah
Anda harus memastikan kalau rumah anda berisi dengan objek yang anda sukai, seperti lukisan yang memiliki karya seni yang tinggi sangat penting bagi mood anda. Dekorasi rumah yang sesuai dengan kepribadian dan keinginan anda tentu sangat membantu mood anda. Jika anda suka dengan musik, piano atau gitar pada ruangan akan sangat baik bagi mood anda.
Warna
Warna sudah tidak dapat diragukan lagi karena memiliki pengaruh secara psikologis terhadap diri anda. Pilihlah warna yang dapat membuat psikologis tenang, warna yang dapat memberikan respon damai terhadap diri kita adalah hijau, biru, putih. Warna seperti merah, hitam adalah warna yang memberikan respon emosional sehingga anda hanya dapat menggunakannya sebagai percikan atau garis saja sebagai variasi tapi bukan sebagai latar belakang.
Pengaturan ruang
Atur ruang dalam rumah sehingga terlihat luas dan memberika perasaan lega, isi ruangan yang terlalu penuh dengan barang atau perabotan akan membuat perasaan sempit dan suntuk. Anda bisa melakukann pengaturan ulang ruangan anda secara rutin tiap sebulan sekali sehingga anda tidak bosan.