Tips Mengolah Makanan agar Tidak Menjadi Racun

Makanan merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi kesehatan kita, karena apa yang kita makan akan menentukan tingkat kesehatan seperti apa yang kita peroleh. Kita sering mendapati banyak orang yang keracunan yang disebabkan oleh kesalahan dalam penelolaan makanan, nah berikut ini adalah berbagai kesalahan dalam mengolah makanan yang kerap terjadi sehingga dapat menyebabkan keracunan, berikut adalah tips untuk menghindari keracunan akibat makanan
Perhatikan kebersihan anda
Kebersihan anda sangat penting bagi kesehatan makanan yang akan anda masak. Selalu cuci tangan untuk mencegah bakteri pada tangan anda akibat melakukan aktivitas lain seperti bersih-bersih. Juga perhatikan rambut anda, rambut panjang yang tergerai tidak terikat akan membuat kontaminasi terhadap makanan yang berasal dari bakteri yang ada pada rambut anda tersebut.
Kebersihan dapur
Pastikan dapur anda bersih dari berbagai macam kotoran karena ada kemungkinan bakteri yang mengkontaminasi makanan anda berasal dari bakteri yang ada pada dapur anda tersebut.
Perhatikan kadaluarsa makanan
Perhatikan dengan baik tanggal kadaluarsa bahan makanan yang akan anda masak, bahan makanan yang kadaluarsa memiliki banyak sekali kandungan bakteri jahat berbahaya bagi kesehatan tubuh. jangan sekali-sekali menggunakan daging atau sayuran yang sudah membusuk karena memiliki bakteri yang tidak dapat dibersihkan dengan cara apapun, bakteri ini dapat menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Banyak sekali kasus keracunan yang disebabkan oleh bahan makanan yang sudah membusuk dan penuh dengan bakteri.
Kontaminasi silang
Kontaminasi silang ini terjadi karena suatu makanan tertentu terkontaminasi oleh bakteri yang ada pada makana yang lainya. kontaminasi silang kerap terjadi pada makanan daging atau unggas mentah menyebari ke makanan lainya seperti sayuran hijau. Bahkan bakteri pada daging juga mampu mengkontaminasi peralatan dapur lainya.
Untuk mencegah kontaminasi silang sangat perlu untuk memisah bahan makanan mentah seperti daging dengan sayuran hijau dan makanan siap saji. Gunakan dua papa potong dimana yang satu untuk memotong daging dan lainya untuk sayuran segar, usahakan untuk selalu membersihkan papan potong dengan sabun yang sudah direndam dalam air hangat dimana sangat efektif untuk membunuh berbagai bakteri yang tertinggal dalam papan potong tersebut. usahakan untuk selalu membersihkan tangan sesudah memegan daging atau unggas mentah, hal ini untuk menghilangkan bakteri yang mungkin menempel pada tangan anda.
Meninggalkan makanan terlalu lama
Meninggalkan makanan terlalu lama sangat tidak baik bagi makanan tersebut karena dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri pada makanan tersebut. bakteri ini sangat berbahaya dan dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Makanan tidak boleh ditinggalkan paling tidak dua jam dengan kondisi suhu ruangan, suhu ruangan sendiri berkisar pada suhu 25 derajat. Jika memang terpaksa ditinggalkan panaskan pada suhu 90 derajat pada oven pemanggan sehingga dapat membunuh berbagai bakteri yang ada pada daging.
Memanaskan kembali
Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa memanaskan makanan hanya pada saat memasak saja, padahal memanaskan sisa makanan kembali juga sangat penting. Sisa makanan yang berada dalam kondisi suhu ruang akan menimbulkan berbagai macam bakteri. Anda bisa memanaskan kembali sisa makana pada suhu paling tidak 90 derajat sehingga dapat mematikan berbagai bakteri pada makanan tersebut.