Tips Meningkatkan Kesehatan Usus

Meningkatkan kesehatan usus sangat penting karena usus merupakan salah satu organ paling vital pada manusia. usus memiliki peranan yang sangat penting seperti mengelola, menyerap berbagai kandungan nutrisi pada setiap makanan yang di cerna, dengan demikian manusia mendapatkan berbagai kandungan nutrisi dan vitamin tinggi pada berbagai makanan dikarenakan bantuan usus.
Gangguan pada usus sendiri akan menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya, karena tubuh tidak mampu menyerap nutrisi pada makana dengan baik sehingga tubuh memiliki kecenderungan untuk kekurangan nutrisi tertentu. Tubuh juga bisa mengidap berbagai macam penyakit berbahaya karena tidak mampu menghancurkan berbagai macam senyawa yang berbahaya seperti kolesterol jahat dll.
Usus manusia mengandung triliunan bakteri. Sekitar 10 kali jumlah sel-sel di seluruh tubuh manusia berada dalam usus Anda dalam bentuk bakteri, jamur dan protozoa. Yang terpenting adalah kandungan bakteri baik dalam usus yang sangat berguna untuk melakukan sintesis enzim dan vitamin. Sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia dari berbagai serangan dan infeksi bakteri dan virus berbahaya. Usus sendiri memimiliki peran yang penting untuk sistem metabolisme sehingga berperan penting untuk menhindari penyakit seperti obesitas dan diabetes.
Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu anda untuk meningkatkan kesehatan usus anda.
Hindari makanan yang berlemak
Menerapkan pola makan yang sehat sangat penting bagi kesehatan usus, salah satu yang sangat penting dalam menerapkan pola makan sehat adalah dengan menghindari berbagai macam makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi. Makanan olahan, gorengan adalah salah satu contoh jenis makanan yang harus dihindari. Kandungan lemak pada makanan yang tinggi akan membuat usus anda untuk bekerja dengan ekstra.
Hindari gula
Gula merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus. Gula yang dimaksud adalah gula batu atau gula olahan. Mengkonsumsii gula berlebihan sangat tidak baik bagi usus karena disamping menghilangkan cairan tubuh gula juga dapat membunuh berbagai bakteri baik dalam usus. Padahal bakteri baik dalam usus ini sangat penting bagi kesehatan kita. gantilah gula dengan buah-buahan karena kandungan gula pada buah sama sekali tidak berbahaya terhadap tubuh kita.
Pada penelitian direkomendasika untuk mengkonsumsi gula tidak lebih dari 4 sendok teh gula lebih dari itu maka tidak baik bagi usus, gula juga membantu bakteri jahat dalam usus untuk tumbuh dan berkembang. Makanan lain yang harus anda hindari adalah permen, kue, minuman ringan dan teh manis.
Tips makanan menunjang kesehatan usus
Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan usus anda.
Karbohidrat dari biji dan sayuran
Anda bisa makan biji-bijian dan sayuran atau labu untuk meningkatkan kesehatan usus anda. Kandungan karbohidrat pada sayuran sangat baik bagi kesehatan usus anda. Sayuran dan biji-bijian juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik bagi pertumbuhan bakeri baik dalam usus anda.
Makanan yang memberikan makan untuk bakteri baik dalam usus
Banyak sekali makanan yang dapat memberikan makan bagi bakterik baik dalam usus anda sehingga bakteri baik dalam usus dapat berkembang dengan baik. Makanan-makanan tersebut adalah bawang putih, yogurt, buah-buahan, sayuran, asparagus. Yogurt sendiri merupakan makanan probiotik yang sangat baik untuk usus anda yogurt memiliki kandungan bakteri baik yang jumlahnya jutaan membantu usus anda untuk menghancurkan berbagai racun, kolesterol atau radikal bebas pada usus anda.