Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas) Pada Anak Anda


Anda memiliki anak? Anak anda sering jatuh sakit? Ini adalah berbagai masalah yang besar bagi anda terutama bagi anda yang memiliki anak. Memiliki anak yang sehat dan tidak mudah sakit tentu menjadi idaman bagi anda semua buka? Memiliki anak yang sehat tentu akan memudahkan anak anda dalam menggapai masa depanya, dengan kondisi tubuh anak yang sehat kegiatan sekolah menjadi lancar dan tidak bolos karena sakit.
Salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan anak anda agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit adalah dengan menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau daya imunitas dari anak. Anak dengan daya imunitas yang baik akan terhindari dari berbagai macam penyakit seperti flu dan pilek. Berikut ini adalah berbagai macam cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau daya imunitas dari sang anak.
Berikan ASI
Meningkatkan daya imunitas dari sang anak dapat dimulai dengan mudah sejak dini atau sejak bayi, yaitu dengan memberikan ASI secara eksklusif pada bayi anda. ASI merupakan sumber utama makanan alami untuk bayi. ASI sangat sempurna untuk meningkatkan antibodi untuk anak anda, air susu ibu sangat berguna untuk melindungi usus bayi anda dari berbagai macam resiko penyakit. Untuk itu jangan pernah memberikan makanan seperti susu kaleng pada bayi anda karena itu sangat buruk untuk imunitas bayi.
Banyak gerak
Usahakan anak anda untuk banyak bergerak atau membuat anak anda menjadi aktif. Dengan membuat anak menjadi selalu aktif secara tidak langsung akan membuat anak anda berolahraga. Berolahraga tentu sangat baik buat anak anda karena dengan berolahraga maka anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak anda. Menjaga anak untuk tetapa aktif dan bermain akan mencegah dan melindungi anak dari kemungkinan resiko penyakit seperti diabetes dan penyakit berbahaya lainya.
Berikan banyak buah dan sayuran
Buah dan sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi daya imunitas anak anda. Dengan buah dan sayuran maka anak anda akan terlindungi dari resiko penyakit seperti diabetes dan yang tidak kalah penting kandungan kolesterol dan kalori yang renda pada buah dan sayuran mampu menghindarkan anak anda dari kelebiha berat badan, dimana berat badan yang berlebih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lainya.
Makanan ringan
Hindarkan anak anda dari berbagai makanan cepat saji atau instan yang mengandung gula yang tinggi sekali karena itu sangat tidak baik untuk sistem kekebalan tubuh anak anda. Gantilah camilan untuk anak anda dengan kacang-kacangan yang merupakan makanan ringan namun padat dengan nutrisi baik untuk pencernaan anak anda.
Makanan probiotik
Makanan probiotik merupakan jenis makanan yang diperoleh melalui proses fermentasi bakteri tertentu. Bakteri pada probiotik inilah yang dapat melindungi  anak anda dari berbagai kemungkinan serangan infeksi bakteri dan virus sehingga secara tidak langsung juga meningkatkan daya imunitas dari anak anda. Anda dengan mudah mendapatkan kandungan probiotik pada yogurth, tempe, atau tape.
Biarkan bermain kotor apa adanya
Banyak sekali orang tua yang melarang anaknya untuk bermain kotor dengan alasan melindungi kesehatan anaknya. Anggapan semacam ini tidak sepenuhnya benar, dengan membiarkan anak anda untuk bermain dengan bebas walaupun kotor secara tidak langsung juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh anak dan juga membuat tubuh anak untuk membangun sistem pertahanan secara alami.