Berbagai Penyebab Penyakit Asam Urat

Mengenal berbagai macam penyebab asam urat sangat penting sekali bagi kita untuk mencegah berbagai kemungkinan resiko penyakit asam urat. Memang kebanyakan orang yang mengalami asam urat adalah mereka yang memiliki usia di atas 40 tahun, namun saat ini sudah tidak jaran orang yang berusia dibawah 40 tahun ternyata juga terserang penyakit asam urat. Seperti yang dialami oleh salah satu teman saya yang masih berusia muda di bawah 30 tahun namun sudah mengalami asam urat.
Untungnya teman saya tersebut saat ini sudah sembuh, hal ini disebabkan oleh teman saya yang cepat tanggap mengetahui berbagai gejala dan juga penyebab dari penyakit asam urat itu sendiri, sehingga bisa dengan mudah menyembuhkan penyakit tersebut. dari pengalaman teman saya bisa diketahui betapa pentingnya mengetahui berbagai penyebab asam urat karena hal itu akan membantu tidak hanya menyembuhkan penyakit tersebut namun juga agar tidak lagi terserang penyakit asam urat lagi. Berikut ini saya akan paparkan berbagai penyebab dari penyakit asam urat.
Kadar protein dalam tubuh yang berlebih
Untuk sekedar diketahui asam urat biasanya terjadi karena kadar purin dalam darah yang tidak normal. Kadar purin dalam darah sangat dipengaruhi oleh kadar protein dalam tubuh kita, semakin tinggi kadar protein dalam tubuh maka akan menyebabkan kandungan purin dalam darah juga tinggi. Kandungan purin yang tinggi inilah yang akan menyebabkan penyakit asam urat. Biasanya ang yang terbiasa untuk makan daging, jeroan memiliki kadar protein dalam tubuh yang berlebih, untuk itu anda bisa mengganti kebutuhan protein dalam tubuh dengan makan makanan yang ramah proteinya seperti tempe dan tahu.
Alkohol dan soda
Alkohol dan soda merupakan salah satu penyebab dari timbulnya penyakit asam urat, selain minuman beralkohol minuman dengan kandungan zat pewarna dan pengawet juga merupakan salah penyebab dari asam urat. Hal ini dikarenakan minuman tersebut akan memperberat kinerja dari ginjal kita, untuk diketahui ginjal berfungsi untuk membuang purin yang berlebih dalam tubuh kita. jika ginjal bekerja terlalu keras apalagi bermasalah maka akan menyebabkan kelebihan purin yang menumpuk dalam tubuh kita. yang paling disarankan adalah minum air putih secukupnya, karena air putih sangat berguna untuk membantu kinerja dari ginjal kita sekaligus juga menentralisir kandungan purin dalam darah kita.
Terlalu sibuk kerja
Salah satu alasan semakin banyak orang yang menderita asam urat adalah pola hidup yang diterapkan tidak sehat. terlalu sibuk kerja di belakang meja, duduk seharian dan jarang gerak dan olahraga menjadi alasan utama asam urat. Ditambah dengan gangguan sulit tidur. Untuk menghindari asam urat sebaiknya anda olahraga dengan rutin banyak gerak.
Kolesterol
Kandungan kolesterol jahat dalam tubuh yang tinggi juga menjadi penyebab utama dari penyakit asam urat. Kolesterol jahat sendiri pada umumnya memang menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya seperti jantung, tekanan darah tinggi dan juga stroke. Kandungan kolesterol yang tinggi dapat menurunkan fungsi dari organ-organ dalam tubuh kita. salah satu organ tubuh yang penting dan berhubungan dengan purin adalah ginjal dan hati, gangguan terhadap kedua organ ini akan menyebabkan asam urat. Untuk itu wajib untuk dihindari berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Itulah beberapa penyebab dari penyakit asam urat , semoga artikel ini membantu anda agar anda tidak terserang penyakit asam urat.