Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan Kita


Buah nangka selain rasanya yang enak juga memiliki manfaat yang sangat tinggi sekali untuk menunjang kesehatan kita.  saya sendiri termasuk orang yang sangat suka sekali makan buah nangka, saya adalah orang asli desa dan lahir di sana sehingga sangat mudah sekali menemukan buah nangka disana. Di desa saya banyak sekali ditanam buah nangka, sehingga saya sendiri tidak kesulitan untuk menemukan buah nangka. Walaupun sudah pindah ke kota saya masih memasukan buah nangka menjadi salah satu bagian dalam daftar buah kesukaan saya.
Buah nangka sendiri merupakan salah satu buah yang memilik banyak sekali manfaat, buah nangk yang matang berwarna kuning bisa langsung dimakan, bahkan menjadi salah satu bagian bahan makanan dalam berbagai es atau resep minuman. Sedangkan untuk buah nangka yang belum matang juga bisa dibuat sebagai salah satu bahan sayuran, tahu sayur lodeh bukan? sayur lodeh sangat enak  jika menggunakan nangka sebagai salah satu bahan utamanya. Buah nangkan tidak hanya rasanya saja yang enak namun juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. sehingga makan buah nangka berarti juga meningkatkan kesehatan kita, berikut ini adalah beberapa manfaat yang didapat dari buah nangkan untuk menunjang kesehatan.
Daya tahan tubuh
Dari daftar yang ada di depkes atau deptan buah nangka ternyata termasuk salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sekali. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nangka tentu saja sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. dengan makan buah nangkan anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit baik virus dan bakteri pada tubuh anda. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik anda juga tidak akan mudah jatuh sakit pada saat musim hujan seperti yang ada saat ini, tahu sendiri kan musim sedangan tidak menentu.
Anti kanker
Pada penelitian yang dipublikasikan oleh departemen kesehatan ternyata nangka memiliki kandungan fitonutrien. Untuk anda ketahui fitonutrien merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menghambat atau mencegah pertumbuhan sel kanker.  Fitonutrien sangat berguna untuk melindungi berbagai sel tubuh kita dari serangan radikal bebas sebagai salah satu penyebab utama dari tumbuhnya sel kanker.
Membantu pencernaan
Nangka merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi, kandungan serat pada nangka yang tinggi mampu menunjang kinerja dari sistem pencernaan kita.  dengan begitu makan buah nangkan juga membatu kita untuk menghidari sembelit atau gangguna pencernaan lainya. kandungan serat pada buah nangkan juga sangat baik untuk menghacurkan berbagai lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh kita.
Menjaga kesehatan tulang
Dalam publikasi penelitian yang dikeluarkan oleh departemen kesehatan disebutkan bahwa nangka memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Kandungan kalsium pada nangka inilah yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang kita, membantu untuk menghindari penyakit gangguan pada tulang seperti tulang keropos atau osteoporosis. Kalsium sendiri merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting sekali bagi kesehatan tulang kita.
Anti radikal bebas
Buah nangka termasuk buah yang memiliki kandungan banyak sekali zat anti radikal bebas. Berguna untuk melindungi sel tubuh dari berbagai serangan zat radikal bebas. Dengan demikian buah nangkan sangat berguna selain untuk mencegah kanker juga berguna melindungi kulit dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kulit keriput atau penuaan dini.