Manfaat Jamur bagi Kesehatan, Cocok untuk Makanan Sehat

Jamur saat ini menjadi favorit bagi banyak orang karena rasanya yang enak, jamur juga memiliki banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan kita. saat ini banyak sekali didapati terutama di warung-warung menu makanan dari jamur. Saya sendiri termasuk orang sangat gemar menikmati kuliner, berbagai tempat yang saya kunjungi hanya untuk merasakan makanan khas daerah tersebut.  dibandingkan dengan tahun-tahun lalu saya mendapati banyak sekali warung bahkan restoran menyajikan jamur sebagai salah satu menu andalan sebagai contoh sate jamur yang menjadi salah satu makanan favorit saya.
Dikalangan orang yang menerapkan pola makan vegetarian atau makan sayuran tanpa daging atau sejenis nya jamur menjadi salah satu bahan makanan andalan karena dianggap memiliki tekstur yang mendekati daging, sehingga kalau sedangan ingin makan daging bisa menggantinya dengan jamur. Saya sendiri lebih menyukai sate jamur dibandingkan dengan sate ayam atau daging lainya karena memiliki tekstur yang lembut sehingga bersahabat dengan gigi dan mulut saya.
Jamur sendiri diketahui memiliki banyak sekali kandungan gizi yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan kita. jamur sangat berguna untuk menurunkan berat badan, antibakteri dan bahkan jamur juga sangat berguna untuk melindungi kita dari serangan penyakit berbahaya seperti penyakit kanker. Penasaran bukan? berikut ini adalah beberapa manfaat dari jamur bagi kesehatan kita.
Menurunkan resiko kanker
Jamur dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang berguna untuk melindungi kita dari serangan penyakit kanker. Hal ini karena jamur memiliki kandungan vitamin D yang sangat melimpah, jamur juga memiliki kandungan zat phytochemical yang sangat berguna untuk menghambat pertumbuhan penyakit kanker. Pernah saya membaca jurnal kesehatan tentang bagaimana manfaat jamur untuk mencegah kanker, pada jurnal tersebut disebutkak bahwa orang yang makan jamur secara rutin ternyata memiliki resiko terserang penyakit kanker jauh lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan jamur, menarik bukan?
Antibakteri
Pada berbagai jurnal yang saya baca ternyata jamur memiliki kandungan zat penisilin, tetrasklin dan strptimisin. Untuk diketahui zat-zat ini sangat berguna melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri dan virus berbahaya sehingga dengan demikian jamur merupakan salah satu bahan makanan yang bersifat antibakteri.
Baik untuk pencernaan
Pada berbagai jurnal kesehatan makanan disebutkan bahwa jamur memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk membantu dan menunjang sistem pencernaan kita. kandungan serat pada jamur berguna untuk memecah berbagai kolesterol jahat penyebab penyakit kanker dan tekanan darah tinggi. Kandunga serat pada jamur juga berguna untuk membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus kita sehingga sangat berguna untuk  membantu usus agar bekerja secara optimal.
Menjaga kesehatan jantung
Jamur memiliki kandungan nutrisi seperti kalium, serat dan juga rendah natrium sehingga sangat baik untuk menjaga dan menunjang kesehatan jantung kita. karena kandungan nutrisi tersebut sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi sebagai salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Kandunga serat pada jamur juga sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah kita, sehingga mencegah obesitas dan juga serangan jantung.
Kaya akan kandungan nutrisi lainya
Setalah saya baca berbagai jurnal kesehatan tentang jamur ternyata jamur merupakan salah bahan makanan yang sangat kaya akan kandungan nutrisi yang lainya. tercata jamur memiliki kandungan nutrisi vitamin D, vitamin B, antioksidan, selenium, zat besi dan juga protein sehingga jamur sangat layak untuk dijadikan sebagai bahan makanan dalam menur sehat anda sehari-hari.