Manfaat tetap Aktif Di Musim Hujan Untuk Tubuh

Musim hujan telah tiba dan banyak orang yang jatuh sakit pada musim hujan, umumnya orang yang sakit yang dialami pada saat musim hujan adalah sakit flu dan pilek tidak peduli apakah anak atau orang dengan usia dewasa, semuanya terkena serangan penyakit flu. Biasanya orang yang sakit pada saat di musim hujan disebabkan oleh ketidaksiapan tubuh orang tersebut untuk menerima perubahan musim dari suhu panas ke suhu dingin.
Orang yang cenderung sakit pada saat musim hujan sendiri berdasarkan pengalaman saya adalah orang yang kurang aktif atau kurang gerak. Untuk itu sangat penting sekali untuk menjaga badan tetap aktif bergerak walaupun pada saat musim hujan.
Memang pada saat musim hujan justru perasaan malas menyerang, hal itu tidak heran karena memang banyak orang yang demikian namun percayalah malas pada saat musim hujan justru membuat kita mudah sakit. Banyak sekali alasan kita untuk tetap aktif pada saat musim hujan, berikut ini adalah beberapa diantaranya.
Mencegah flu dan pilek
Salah satu alasan utama untuk tetap aktif di musim hujan tentunya adalah agar kita tidak flu atau pilek tetap aktif bermain atau bekerja pada saat musim hujan sangat efektif untuk membantu kita mencegah serangan flu dan pilek. Anda tidak harus bermain di luar rumah basah-basahan ketika hujan, cukup dengan bermain-main di rumah, anda juga bisa mengajak anak anda untuk bermain dan bercanda di dalam rumah supaya anak anda juga tidak akan terkena penyakit flu atau pilek.
Pada satu penelitian terbukti bahwa orang yang tetap aktif selama musim hujan memiliki kecenderungan terhindar dari penyakit flu sebesar 90 persen.
Meningkatkan memori otak
Bermain dan menjaga tubuh untuk selalu aktif selama musim hujan ternyata dapat meningkatkan daya fokus dan daya ingat kita. karena dengan membuat tubuh tetap aktif selama musim hujan secara otomatis kita meningkatkan kemampuan kognitif dan syaraf motorik kita yang mana itu sangat berhubungan dengan syaraf otak kita terutama yang berhubungan dengan kemampuan mengingat dan juga fokus.
Membangun kekuatan otot kita
Dengan menjaga tubuh untuk tetap aktif secara otomatis kita juga membangun kekuatan otot kita, karena pada saat musim dingin orang yang tidak aktif bergerak memiliki kekuatan otot yang cenderung berkurang karena perubahan suhu menjadi dingin.
Mengurangi stres
Menjaga tubuh untuk tetap aktif akan menjauhkan anda dari stres dan depresi karena musim hujan. Rasa malas yang menyerang pada saat musim hujan hanya akan membuat anda menjadi stres karena tidak memiliki aktifitas yang menarik hanya tidur dan nonton televisi saja. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai studi yang menyebutkan bahwa orang yang tidak aktif bergerak cenderung memiliki rasa stres yang tinggi dibandingkan dengan merekan yang aktif bergerak.
Membuat anda lebih produktif
Dengan menjaga tubuh tetap aktif membuat anda menjadi lebih produktif, untuk anda yang bekerja pada satu perusahaan. Musim hujan merupakan momentum untuk meningkatan produktifitas kerja anda di saat yang lain dipenuhi dengan rasa kemalasan karena dinginnya musim hujan bisa menjadi catatan prestasi anda bukan.
Keseimbangan hidup anda
Dengan menjaga tubuh tetap aktif berarti anda menjaga keseimbangan hidup anda, karena anda melakukan hal positif untuk tubuh dan pikiran anda. Bermalas-malasan merupakan kegiatan yang buruk bagi tubuh dan pikiran kita.