Tips agar Kamera Tahan Lama, cara membersihkannya


Tips membersihkan kamera ini sangat berguna bagi anda yang hobi fotografi dan memilki kamera. Dan tips ini saya dapatkan dari teman saya sendiri yang memiliki hobi yang sama dengan anda yaitu fotografi. Menjaga agar kebersihan kamera tentu saja sangat penting sekali karena harga kamera sendiri yang melangit atau mahal. Seperti kata teman saya kalau kamera rusak makan bakalan keluar duit yang sangat banyak.
Saat ini juga sudah banyak service atau jasa untuk membersihkan kamera dan harganya sendiri juga terbilang mahal, tentu akan lebih baik kalau membersihkan sendiri kamera anda. Selain untuk menghindari biaya yang tidak perlu juga penting untuk menjaga agar kamera tetap awet, salah satu faktor penting untuk menjaga keawetan dari kamera adalah menjaga kebersihan kamera itu sendiri dan juga kualitas kamera akan tetap terjaga, banyak sekali orang yang tidak menyadari kalau kualitas gambar yang dihasilkan menurun dikarenakan kebersihan kamera yang tidak terjaga dengan baik.
Berikut ini beberapa tips membersihkan kamera yang saya dapatkan dari teman saya.
Dipakai lebih sering
Percaya atau tidak kamera yang lebih sering dipakai justru membantu untuk menjaga kebersihan dari kamera tersebut. paling tidak gunakan kamera minimal satu minggu sekali, kamera yang sering dipakai akan membuat kamera terbebas dari jamur, karena umumnya kamera yang lama tidak dipakai akan berada dalam kondisi yang lembab sehingga membuat tumbuhnya jamur pada kamera tersebut, tumbuhnya jamur pada kamera baik di luar atau didalam akan membaut kamera cepat rusak atau paling tidak akan menurunkan kualitas dari kamera tersebut.
Perhatikan kebersihan ruangan tempat membersihkan kamera
Kebersihan ruangan sangat penting untuk diperhatikan, ruangan yang bersih tentu saja akan membantu kamera untuk tetap terjaga bersih tidak terkena kotoran sehingga tidak sia-sia membersihkan kamera tersebut. perhatikan juga agar kondisi ruangan tempat membersihkan tidak terlalu lembab dan juga tidak terlalu kering.
Membersihkan dengan benar
Bersihkan lensa kamera menggunakan kain yang memang ditujukan untuk membersihkan kamera, anda bisa mendapatkanya pada berbagai toko kamera tanya kan pada mereka. Kain khusus pembersih kamera sangat penting karena bahan serat yang bagus tidak akan menimbulkan goresan pada lensa sama sekali sehingga kamera anda terutam lensa anda akan tetap utuh mulus dan tetap seperti baru, dan yang tidak kalah penting kain khusu pembersih kamera tidak akan menimbulkan serat yang dapat membuat lensa anda menjadi kotor.
Gunakan juga cairan khusus untuk membersihkan kamera yang biasa disediakan pada berbagai toko kamera. Cairan khusus untuk kamera ini sangat penting karena mengandung alkohol yang dapat membunuh berbagai bakteri yang mungkin menempel pada kamera anda dan juga cepat kering karena sifat dari alkohol sendiri yang mudah menguap dan mudah kering.
Cara membersihkan lensa kamera juga harus diperhatikan, cara membersihkan lensa kamera yang paling benar adalah dengan mengusapnya secara halus dan memutar secara teratur dari lingkaran kecil ke lingkaran besar dengan demikian lensa kamera akan menjadi lebih bersih.
Baterai kamera
Sangat penting selalu menyediakan dua baterai ketika akan menggunakan kamera, karena pemakaian satu baterai yang terus menerus akan membuat baterai jadi panas bahkan bisa jebol. Kondisi baterai yang sampai jebol bukan tidak mungkin akan membuat kamera menjadi rusak. Selain itu membawa baterai kamera lebih dari satu juga akan membuat pemakaian kamera anda jadi bisa lebih lama bukan?.
Itulah beberapa tips membersihkan kamera yang saya dapat sendiri dari teman saya, semoga membantu anda yang hobi fotografi.