Tips Mencegah dan Melawan Alzhemer

Tahu alzhemer? Kebanyakan dari anda tentu tidak tahu seperti saya, karena alzhemer sendiri bukan satu penyakit yang populer terutama di Indonesia. Saya sendiri baru tahu tentang alzhemer ketika pergi ke rumah sakit untuk menjenguk teman saya. Saya mendapati ada orang tua yang mengidap penyakit alzhemer, karena penasaran dengan penyakit tersebut maka saya pun inisiatif bertanya pada dokter yang juga merawat teman saya. Dari keterangan dokter tersebut dapat saya ketahui bahwa alzhemer merupakan satu penyakit yang dapat menyebabkan hilangknya memori atau daya ingat serta penurunan kecepatan aktivitas motorik lainya dalam tubuh. sehingga orang yang menderita penyakit ini akan cenderung pikun atau lupa ingatan dan juga sangat sulit untuk melakukan aktivitas normal lainya seperti menulis atau bahkan berjalan.
Mencegah penyakit alzhemer sangat penting bagi kita semua. Karena kita tidak ingin bukan menghabiskan sisa hidup kita hanya dengan berbaring seharian di tempat tidur. Dari obrolan dengan dokter saya jadi mengetahui bahwa penyakit ini timbul disebabkan oleh kebiasaan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, jaran olahraga dan juga makan makanan yang rendah kandungan nutrisinya sehingga berakibat pada penurunan kualitas otak dan juga kualitas motorik dalam tubuh. berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit alzhemer.
Berhenti merokok
Buat anda yang memiliki kebiasaan merokok ada baiknya anda menghentikan kebiasaan tersebut, karena selain menyebabkan serangan penyakit berbahaya seperti panyakit jantung merokok ternyata juga dapat menyebabkan serangan penyakit alzhemer. Hal ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian bahwa merokok merupakan salah satu penyebab utama dari timbulnya penyakit alzhemer, merokok dapat menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah pada otak sehingga menurunkan kualitas dari otak dan juga menurunkan kemampuan koordinasi syaraf motorik.
Berolahraga rutin
Olahraga rutin menjadi salah satu aktivitas positif yang dapat menghindarkan kita dari serangan penyakit alzhemer. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian dimana rata-rata orang yang menderita penyakit alzhemer adalah orang yang kurang aktivitas olahraga nya atau tidak pernah berolahraga. Untuk itu tidak jarang kalau alzhemer memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk menyerang orang pada jaman modern ini dimana pola hidup yang serba sibuk membuat orang jarang olahraga karena tidak sempat.
Makan makanan sehat
Makanan sehat merupakan salah satu bahan makanan yang dapat menjauhkan kita dari resiko terserang penyakit alzhemer. Bahan makanan sehat seperti ikan dan sayuran mengandung nutrisi omega 3 yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan otak kita dan mempertajam daya ingat otak kita. hindari berbagai makanan yang mengandung lemak jenuh karena itu sangat tidak baik terutama untuk kesehatan otak anda. Hindari juga bahan makanan yang mengandung bahan pengawet dan bahan pewarna buatan karena jika dikonsumsi terus menerus dapat menimbulkan penyempitan pada pembuluh darah otak.
Cukup tidur
Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena pada waktu tidur kita memberikan kesempatan pada sel tubuh kita untuk memperbaiki dirinya dan juga sistem metabolisme kita. tidur juga merupakan aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan otak kita. orang yang kurang tidur cenderung depresi sehingga sangat mudah sekali untuk mengalami penyempitan pada pembuluh darah pada otak dan pada waktu tertentu juga akan mengalami penurunan kualitas dari otak yang juga akan berujung pada lemahnya koordinasi motorik tubuh oleh otak.