Menjaga Dan Meningkatkan Stamina Tubuh Kita

Pola hidup yang serba sibuk menuntut tubuh untuk selalu fit dan segar, karena stamina tubuh sangat menentukan kualitas dari segala aktivitas yang kita jalani dan sekaligus juga dapat menghindarkan diri kita dari berbagai kemungkinan jatuh sakit.  Kalau anda bekerja pada satu perusahaan anda pasti mengalami kondisi dimana tubuh anda sudah tidak kuat untuk bekerja atau mungkin anda juga pernah mengalami bagaimana tubuh anda sangat mudah capek atau lelah padahal baru saja bekerja. hal tersebut sangat mungkin karena kondisi stamina tubuh anda sangat buruk sehingga dapat mengurangi dan mengganggu produktivitas kerja anda.
Jadi buat anda yang ingin memiliki prestasi terutama didunia kerja maka hal yang diperhatikan adalah kualitas dari stamina anda. Dengan stamina yang bagus maka ritme produktivitas kerja anda akan tetap terjaga. Tidak hanya dalam pekerjaan dalam kegiatan yang lain juga akan berjalan dengan menyenangkan.
Berikut ini adalah tips dan cara yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan stamina tubuh ada.
Olahraga 
Olahraga sangat penting untuk menjaga kualitas stamina anda dengan olahraga maka tubuh anda akan sehat dan juga memiliki tenaga atau energi dalam melakukan pekerjaan. Olahraga rutin sangat penting untuk menjaga dan mempertahankan kualitas dari stamina anda. Usahakan paling tidak anda melakukan olahraga satu kali dalam satu minggu, anda bisa melakukan joging atau anda juga bisa melakukan aktivitas futsal atau olahraga lain yang anda senangi.
Ingin meningkatkan kualitas dari stamina anda? Caranya sangat mudah, salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas dari olahraga anda. Jika anda biasa olahraga joging dengan jarak tempuh biasanya 1 km maka anda bisa meningkatkan menjadi lebih panjang namun masih dalam taraf kemampuan anda, misalnya 5 km atau 10 km.
Proaktif
Selalu menjadi orang yang proaktif membuat anda menjadi orang aktif untuk bekerja. anda tidak usah menunggu tugas yang diberika oleh atasan anda terlebih dahulu, anda bisa menanyakan terlebih dahulu tugas apa yang akan diberika oleh atasan anda. Menjadi proaktif dengan rekan kerja juga sangat membantu untuk menjaga anda tetap aktif dan tentunya stamina anda juga.
Bersikap menyenangkan
Bersikap menyenangkan merupakan salah satu cara agar stamina kita tetap terjaga. Dengan bersikap menyenangka seperti banyak senyum dan tertawa akan membuat kita selalu bahagia dan dampaknya tentu saja membuat stamina kita akan tetap terjaga. Bersikap murung, sedih akan membuat kita menjadi cepat lelah dan membuat stamina kita akan mudah terkuras.
Berhenti merokok
Jika anda merokok maka hentikan segera, karena orang yang merokok memiliki stamina yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang tidak. Orang yang merokok memiliki kualitas jantung untuk menyerap oksigen buruk sekali, maka itu tidak heran kalau orang yang merokok biasanya mudah tersengal-sengal walaupun bergerak sedikit saja. Alkohol juga sangat tidak baik untuk stamina kita, kebanyakan alkohol seolah-olah memberikan tambahan stamina pada tubuh padahal pada kenyataannya tidak demikian, efek menambah energi bagi tubuh tidak terbukti sama sekali secara ilmiah.
Makanan bergizi
Makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi sangat penting bagi stamina kita. karena untuk stamina tubuh kita sangat membutuhkan berbagai nutrisi pada makanan seperti buah dan sayuran hijau. Berbagai buah seperti apel, jeruk dan juga sayuran sangat baik untuk menjaga stamina kita karena memiliki kandungan protein yang tinggi penting bagi stamina kita.