Tips Menghindari Penuaan Dini

Di kehidupan yang semakin moderen ini penuaan dini menjadi salah satu masalah yang kerapkali menghantui. Tidak jarang orang yang masih berusia muda mengalami penuaan dini, kulit keriput atau mengkerut padahal usia masih muda. Atau mungkin rambut beruban pada usia juga masih muda. penuaan dini tentu akan sangat mengganggu terutama pada penampilan karena akan membuat pengaruh yang negatif terhadap penampilan. Mengalami penuaan dini akan sangat mengganggu penampilan membuat jadi minder atau mengurangi rasa percaya diri.
Bagi industri konsmetik penuaan dini merupakan salah satu prospek cerah yang haruns dimanfaatkan untuk memasarkan produk mereka. Maka tidak heran kalau banyak sekali industri yang mengeluarkan produk anti penuaan dini atau penghilang keriput pada kulit wajah. Padahal sangat penting untuk mengetahui berbagai penyebab dari penuaan dini untuk menghindarinya. Berikut ini adalah berapa tips bagaimana mencegah dan menghindari penuaan dini pada wajah kita.
Jauhi rokok dan alkohol
Jika anda ingin menghindari penuaan dini maka hal penting yang harus anda lakukan adalah menghindari rokok dan juga minuman beralkohol. Kedua minuman ini mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi kulit tubuh sehingga dapat menyebabkan kulit menjadi keriput. Dalam alkohol terdapat kandungan zat radikal bebas. Untuk diketahui radikal bebas merupaka salah satu penyebab utama dari kulit keriput dan penuaan dini.
Makanan sehat
Makanan sehat menjadi salah satu cara paling mudah untuk membuat kulit anda menjadi lebih halus, kencang dan juga elastis. Berbagai sayuran hijau mengandung vitamin C dan juga antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dan juga vitamin C sangat berguna untuk menghindari penuaan dini dan juga kulit keriput karena antioksidan mampu menangkal berbagai serangan dari radikal bebas penyebab dari ketuaan.
Olahraga
Dengan olahraga anda membantu sel tubuh untuk melakukan regenerasi atau sel kulit yang sudah mati akan digantikan oleh sel kulit yang masih muda. juga sangat berguna untuk menghilangkan atau mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh atau kulit. berbagai kotoran atau racun dalam kulit kalau tidak segera dikeluarkan akan membuat kulit menjadi lebih kusam dan mengkerut. Olahraga mampu mengeluarkan berbagai kotoran dan racun dalam kulit melalui keringat yang dikeluarkan ketika berolaraga. Dalam berbagai penelitian juga disebutkan bahwa orang berolahraga akan terlihat lebih muda dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Hindari stres
Stres atau depresi juga menjadi salah satu faktor penyebab dari penuaan dini. Kondisi stres atau mudah marah akan meyebabkan reaksi terhadap sel syaraf sehingga dapat menyebabkan kulit dalam jangka waktu tertentu akan terlihat lebih tua. Salah satu respon orang yang marah adalah mengerutkan dahi, kebiasaan ini tentu saja akan menyebabkan kulit pada dahi akan berkerut dan juga keriput. Berbagai dampak penuaan dini yang lainnya karena stres juga banyak sekali, salah satunya adalah rambut beruban, rambut beruban menjadi salah satu dampak buruk dari stres atau depresi.
Hindari kosmetik yang berbahaya
Hindari konsmetik yang berbahaya atau yang tidak direkomendasikan oleh Depkes, dan juga hindari kosmetik yang sudah kadaluarsa. Karena sejumlah kosmetik tersebut berbahaya untuk wajah dapat merusak wajah dan juga dapat menyebabkan kulit wajah akan terihat keriput. Usahakan perawatan wajah menggunakan bahan-bahan alami seperti buah alpukat dan lainya. menggunakan bahan yang alami akan menghindarkan wajah anda dari berbagai zat kimia yang cenderung tidak baik bagi wajah anda.