Tips Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Gula darah merupakan salah satu jenis gangguan yang kerapkali menyerang banyak orang. Gula darah merupakan satu penyakit yang berbahaya, karena walupun gula darah kelihatannya remeh namun bila tidak segera diobati maka akan sangat bergbahaya dan bahkan bisa menjadi salah satu penyebab kematian. Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi dalam tubuh sendiri dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Adalah gaya hidup yang modern menjadi salah satu penyebab utama dari semakin banyaknya orang yang menderita penyakit gula darah ini. Jaman yang semakin modern menbuat kita semua dikepung dengan berbagai makanan yang berbahaya danserngkali membuat kadar gula dalam darah kita meningkat.
Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti diabetes. Seperti diketahui diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit berbahya yang dapat menyebabkan kematian dan sampai sekarang belum ada obatnya. Hanya dengan pola hidup yang sehat saja yang dapat menghindarkan kita dari diabetes. Salah satunya adalah tentu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh kita berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh kita.
Olahraga
Olahraga menjadi salah satu cara yang paling manjur untuk menjaga kadar gula dalam tubuh kita. karena olahraga sendiri sangat berguna untuk membakar gula dalam tubuh kita selain itu juga bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh kita. dengan olahraga yang rutin anda dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh anda. Seberapa besar tingkat penurunan kadar gula dalam tubuh sangat tergantung dari olahraga yang anda jalani. Semakin berat olahraga yang anda jalani maka akan semakin bagus untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh kita.
Namun demikian yang paling penting adalah menjaga konsistensi anda dalam berolahraga. Dengan olahraga secara rutin akan lebih membantu untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda dibandingkan dengan olahraga berat namun tidak rutin. Joging ringan sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin menjaga kadar gula dalam tubuh anda, joging bisa dilakukan pada pagi hari atau pada sore hari tergantung anda.
Makanan sehat
Makanan sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda. Hindari berbagai makanan yang mengandung kolesterol, lemak, gula, serta bahan-bahan kimia lainya karena sejumlah makanan tersebut akan membuat kadar gula dalam tubuh anda naik. Perbanyak berbagai sayuran hijau karena memilki kandungan serat yang tinggi baik untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh anda. Berbagai ikan seperti tuna dan salmon juga sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh anda karena memiliki kandungan senyawa omega-3. Hindari berbagai makanan yang mengandung senyawa kimia berbahaya seperti pemanis buatan atau bahan pengawet buatan, karena dibandingkan dengan kolesterol dan lemak senyawa kimia ini lebih berbahaya karena sulit untuk dinetralisir oleh tubuh kita.
Hidup bahagia
Jadilah orang yang selau bahagia, menjadi bahagia sangat membantu anda menjaga kadar gula dalam tubuh anda. Orang yang stres dan depresi memiliki kecenderungan kadar gula dalam darah yang tinggi. Tidak heran kalau kita sering mendapati orang yang memiliki tekanan darah tinggi padahal pola hidupnya adalah pola hidup yang sehat, stres atau depresi bisa disebabkan oleh tekanan kerja atau kondisi lingkungan sekitar. Cukup tidur merupakan salah satu jalan untuk menghindarkan anda dari penyakit stres dan depresi. sudah banyak studi dan penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang kurang tidur memiliki resiko stres dan depresi yang tinggi.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,