Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk

Anda mudah mengantuk ketika sedang bekerja? atau anda masih sekolah atau kuliah mudah sekali tidur di tempat kuliah? Tentu itu sangat mengganggu anda bukan? sebenarnya ngantuk merupakan satu proses yang sangat wajar karena itu merupakan salah satu respon dari tubuh kita ketika sedang mangalami kelelahan. Namun ketika sedang dalam keadaan yang penting tentu itu akan sangat mengganggu kita, misalnya ketika sedang bekerja atau sedang kuliah.
Seperti yang teman saya alami orangnya suka ngantuk dan akhirnya kadang ketiduran, padahal teman saya tersebut sedangan dalam kondisi bekerja. alhasil produktivitas kerjanya menjadi terganggu dan tercatat dia termasuk orang yang memiliki catatan produktivitas yang rendah. Nah buat anda yang tidak mau mengalami seperti yang teman saya alami berikut ini adalah tips atau cara menghilangkan rasa ngantuk.
Atur pola istirahat anda
Kebanyakan orang yang suka ngantuk atau tidur di tempat kerja adalah mereka yang tidak mampu mengatur pola istirahat mereka dengan baik. Salah satu nya tidak tidur siang, atau tidur terlalu malam sehingga tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat. Buat anda yang bekerja anda harus memberika waktu yang cukup bagi tubuh anda untuk beristirahat sehingga anda tidak akan ngantuk di tempat kerja.
Usahakan ketika sudah pulang ke rumah atau pulang kerja untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan yang bisa menguras tenaga anda. Karena jika hal itu anda lakukan maka tubuh anda akan meresponya dengan ngantuk di kantor anda.
Hindari minuman dingin
Banyak orang yang suka minum minuman dingin ketika sedang bekerja padahal minuman dingin dapat menghabiskan tenaga anda dan membuat anda cepat mengantuk. Memang ketika anda minum minuman dingin anda merasa segar tidak ngantuk, namun itu hanyalah efek sesaat, selanjutnya anda akan merasa lemas dan ngantuk.
Hindari makan berlebihan
Makan siang pada istirahat kerja memang sangat membantu untuk memulihkan tenaga anda ketika sedang bekerja, namun jika anda makan secara berlebihan atau porsi besar anda akan merasa kenyang dan juga akan mudah mengantuk. Makanlah dengan porsi secukupnya ketika makan siang.
Istirahat siang
Banyak orang yang meremehkan istirahat siang. Istiraha siang selain untuk makan anda juga harus memanfaatkanya untuk tidur sebentar sekitar 30 menitan. Dengan tidur siang maka selanjutnya anda akan terhindar dari rasa ngantuk.
Kopi 
Minum kopi sangat membantu anda untuk menghilangkan rasa ngantuk. Minum kopi yang terbaik adalah ketika pagi akan bekerja, karena selain bagus untuk mood anda juga sangat bagus untuk menghindari rasa kantuk.
Hindari pisang
Hindari makan pisang, karena menurut penelitian pisang adalah buah yang dapat membuat anda mudah mengantuk. Anda bisa makan pisang jika anda sulit tidur pada malam hari, namun hindarilah makan pisang terutama pada tempat kerja.
Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi
Makanan yang mengandung lemak tinggi selain tidak baik untuk kesehatan anda juga dapat membuat anda mengantuk di tempat kerja. Hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penellitian bahwa orang yang makan makanan berlemak memiliki kecenderungan mengantuk di tempat kerja lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Kelola tenaga dan energi anda
Bagaimanapun juga ngantuk merupakan respon alami dari tubuh anda ketika kelelahan. Anda harus bisa mengelola energi anda dengan baik, tahu kapan harus memforsir tenaga atau energi anda ketika ada pekerjaan yang penting.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,