Tips Sederhana Menghindari Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang menyerang banyak orang saat ini. Baik tetangga dan teman saya sendiri juga sudah menjadi korban serangan penyakit diabetes. Setelah saya selidiki dari mereka, diabetes yang mereka alami sendiri merupakan akibat dari kebiasaan-kebiasaan mereka sendiri yang memang tidak sehat. ada ahli yang mengatakan bahwa pada kehidupan yang serba modern ini tingkat kesehatan manusia bukanya semakin membaik namun besar kemungkinan akan semakin memburuk. Hal ini dikarenakan pada kehidupan manusia pada jaman yang modern semakin membuat pola hidup dan kebiasaan dari banyak orang juga berubah, banyak hal yang dipermudah. Sebagai contoh jaman dulu tentu tidak ada televisi dan juga komputer, saat ini banyak sekali orang yang kerjanya hanya duduk di kursi sambil menonton tv atau komputer.
Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan guna menurunkan resiko serangan penyakit diabetes.
Sering olahraga atau gerak
Pada satu penellitian disebutkan bahwa orang yang tidak banyak gerak atau juga tidak pernah olahraga tiap harinya memiliki resiko terserang penyakit diabetes lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. Salah satu dampak dari perkembangan jaman yang semakin modern dan berkembangnya tingkat teknologi membuat manusia menjadi kurang gerak atau kurang aktif. Saat ini banyak sekali orang yang tiap harinya hanya berada di depan tv atau mungkin komputer.
Jika adan ingin menurukan resiko diabetes anda haru rajin bergerak dan juga olahraga. Dengan berolahraga dan rajin bergerak maka anda dengan mudah akan membakar kalori dalam tubuh anda. Salah satu penyebab utama dari penyakit diabetes adalah penumpukan kalori dalam tubuh.
Hindari camilan atau makanan yang tidak sehat
Banyak sekali bahan makanan insta seperti camilan yang tidak sehat namun dijual diberbagai toko sehingga dari anak sampai dengan usia dewasa dengan mudah mendapatkannya. Camilah buatan pabrikan biasanya mengandung bahan berbahaya yang berupa bahan pewarna buatan dan juga bahan pengawet buatan. Bahan seperti sangat berbahaya bagi anda tidak hanya menyebabkan serangan penyakit jantung namun juga penyebab utama dari diabetes.
Berbagai makanan seperti burger atau pizza yang mengundang selera semua orang juga sangat tidak baik bagi kesehatan anda karena penuh dengan kandungan kolesterol jahat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan juga diabetes.
Istirahat cukup
Istirahat cukup atau tidur cukup menjadi salah satu aktivitas yang sangat berguna untuk menurunkan resiko penyakit diabetes pada anda. Dengan tidur yang cukup anda memberi waktu pada sistem organ tubuh anda bagian dalam untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian penuh. Kurang tidur akan menyebabkan stres dan depresi yang pada akhirnya akan berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah tinggi dan juga resiko diabetes. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa orang kurang tidur memiliki kemungkinan untuk mengalami kegemukan atau obesitas dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Orang denga berat badan yang berlebih memiliki kemungkinan lebih besar untuk terserang penyakit diabetes dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan ideal.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,