Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba dan biasanya pada musim hujan jumlah orang yang sakit meningkat seperti penyakit flu yang umunya disebabkan oleh musim hujan. Seperti yang terjadi pada teman saya, teman saya orang yang sehat tidak pernah sakit, namun pada musim hujan kemarin tiba-tiba badanya sakit dan harus beristirahat di rumah untuk beberapa waktu. Pada akhirnya teman saya harus tidak masuk kerja untuk 3 hari. Anda tentu tidak ingin mengalami sakit seperti teman saya bukan, karena hal itu sangat mengganggu aktivitas kita.
Banyak orang terserang penyakit seperti flu seperti yang dialami oleh teman saya tersebut merupakan hal yang sangat wajar sekali. Hal ini dikarenakan tubuh tidak berada dalam kondisi yang siap untuk menerima perubahan musim yang berdampak pada suhu pada musim hujan. Sehingga secara tidak langsung tubuh akan meresponya dengan penyakit flu.
Buat anda yang ingin tetap sehat pada musim hujan dan tidak mudah jatuh sakit, berikut ini adalah beberapa tips untuk anda.
Cukup air
Pastikan anda tidak kurang cairan dalam tubuh anda, anda harus minum air putih yang cukup dengan mimun cukup air anda dapat menghindari dehidrasi. Untuk diketahui dehidrasi dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun sehingga sangat mudah untuk terserang berbagai penyakit seperti flu salah satunya. Dengan minum air dengan cukup anda juga bisa membersihkan berbagai racun dalam tubuh anda yang mungkin dibawa oleh makanan yang anda makan sendiri.
Banyak gerak
Di musim hujan anda harus tetap menjaga tubuh agar banyak gerak atau olahraga. Walaupun anda tidak bisa melakukanya di luar rumah anda bisa berolahraga di dalam rumah  anda sendiri anda harus melakukannya paling tidak 30 menit dalam satu hari. Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang membuat tubuh anda bergerak. Jika anda menjadi musim hujan sebagai alasan untuk bermalas malasan maka hal itu akan membuat anda mudah untuk terserang penyakit seperti flu.
Pakai jas hujan
Jika anda memang harus pergi ke luar rumah walaupun kondisi masih hujan maka lebih baik anda menggunakan jas hujan atau mantel hujan. Jas hujan sangat penting untuk anda karena selain melindungi anda dari agar anda tidak basah juga akan menjaga kondisi tubuh anda dari kemungkinan sakit karena hujan. Anda juga bisa menambat perlindungan bagi tubuh anda dengan menggenakan jaket yang tebal, jaket yang tebal akan menjaga tubuh anda dari kedinginan. Suhu yang dingin sendiri dapat membuat tubuh menjadi mudah flu.
Istirahat cukup
Tidur yang cukup menjadi salah satu aktivitas penting yang membuat anda untuk tetap sehat selam musim hujan. Dengan tidur yang cukup anda akan mendapatkan energi yang cukup untuk kembaoli bekerja pada keesoka harinya. Tidur kurang membuat anda tidak hanya mudah lelah namun juga mudah untuk terserang penyakit terutama pada saat musim hujan karena pada saat anda kurang tidur justru kekebalan tubuh anda juga akan menurun.
Makanan sehat
Makanan sehat menjadi salah satu andalan terbaik bagi kita untuk menghindari berbagai serangan penyakit selama musim hujan. Makanan yang mengandungan nutrisi dan vitamin tinggi sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. sayuran dan buah buahan menjadi bahan makanan sangat penting karena sangat kaya akan zat besi yang sangat baik bagi sistem kekebalan tubuh kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,