Cara Mencuci Buah dengan Bersih agar Sehat Dimakan

Buah merupakan salah satu bahan makanan sehat yang sangat enak untuk dimakan, saya sendiri termasuk orang yang sangat gemar makan buah-buahan mulai dari apel, jeruk atau pisang. Bagi saya buah merupakan makanan enak yang tetap membantu tubuh supaya sehat. hampir tiap hari saya pasti selalu makan buah-buahan apapun jenisnya. Buah sendiri selain untuk mengenyangkan perut bagi saya  juga memiliki rasa segar dan lainya yang tidak dapat digantikan oleh bahan makanan lainya. buah bagi saya adalah bahan makanan yang sudah disediakan oleh alam untuk siap makan, jadi buah termasuk bahan makanan yang tidak perlu untuk dimasak terlebih dahulu untuk memakannya. Bahkan bila dimasak akan mengurangi kadar nutrisi dan juga rasa dari buah itu sendiri.
Saat ini di dunia buah terutama buah apel mengalami isu hebat, dimana ternyata buah apel produksi dari amerika rata-rata mengandung bakteri atau virus Listeria monocytogene, sehingga tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan terutama orang yang suka makan buah seperti saya. Namun jika terbiasa makan buah denga cara bersih tentu tidak perlu terlalu khawatir, karena untuk diketahui sebenarnya hampir semua buah tidak benar-benar dalam kondisi yang steril atau sehat untuk langsung dimakan. Berikut ini beberapa tips mencuci atau membersihkan buah-buahan sehingga akan tetap menjadi sehat untuk dimakan.
Cuci di air yang mengalir
Mencuci di air mengalir merupakan salah satu cara terbaik untuk mencuci buah agar bersih. Saya sendiri terbiasa untuk mencuci apel terlebih dahulu di air yang mengalir, dengan mencucinya langsung dibawah air kran yang saya hidupkan terlebih dahulu. Mencuci buah di air mengalir tentu akan lebih membuat buah menjadi lebih bersih karena bakteri atau berbagai kotoran pada buah tersebut akan langsung terbawa oleh air yang mengalir tersebut, hal ini tentu berbeda dengan mencuci buah tersebut di air yang menggenang, karena berbagai kotoran atau bakteri yang larut oleh air masih mungkin untuk mengkontaminasi buah lagi karena buah tersebut masih berada di dalam air tersebut.
Sabun
Sabun merupakan salah satu alat pembersih yang saya gunakan untuk membersihkan buah, karena sabun memiliki struktur senyawa kimia yang sangat baik untuk membunuh berbagai bakteri dan virus pada buah tersebut.  sabun yang biasanya saya pakai adalah jenis sabun cair, karena menurut saya lebih fleksibel saja dibandingkan dengan sabun batangan, sabun cair lebih fleksibel dalam membersihkan buah yang akan saya makan.
Oh ya saya juga menggunakan sabun cair yang sudah memiliki kandungan antiseptik, yaitu senyawa antibakteri atau virus, tetapi anda tidak perlu khawatir karena rata-rata sabun sekarang sudah mengandung senyawa antiseptik.
Keringkan
Setelah saya bersihkan dengan sabun cair biasanya saya keringkan terlebih dahulu, untuk memastikan bahwa buah sudah benar-benar bersih dari kotoran. Buah yang kering memiliki kecenderungan lebih bersih dari bakteri, karena bakteri sendiri biasanya lebih suka hidup pada air. Saya sendiri biasanya membiarkan diletakan di atas meja begitu saja, namun jika saya tidak sabaran maka saya akan mengelapnya dengan kain yang bersih sehingga cepat kering dan siap untuk dimakan.
Buah organik
Salah satu kebiasaan saya dalam memilih buah-buahan adalah dengan memilih buah yang dibudidayakan dengan cara organik sehingga bebas dari berbagai cairan kimia seperti pestisida. Buah dengan budidaya organik juga membuat kandungan nutrisi pada buah tersebut tetap utuh terjaga.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,