Tips Memotong Bawang Tanpa Menangis

Tips memotong bawang tanpa menangis ini adalah tips berdasarkan pengalaman saya. Memotong bawang adalah salah satu kegiatan yang tidak pernah lepas dari masak-memasak, karena bawang merah merupakan salah satu bahan makanan wajib pada hampir setiap makanan terutama di indonesia. Saya sendiri adalah termasuk orang yang sangat hobi memasak, bagi saya memasak adalah hobi yang mengandung seni tinggi, bagaimana tidak dengan meramu berbagai bahan makanan maka akan tersaji makanan yang enak dan yang menyenangkan adalah ketika orang yang makan masakan saya itu senang dan puas.
Memotong bawang tentu sudah menjadi keseharian saya terkait dengan hobi saya dalam masak memasak. Pada awalnya saya sering menangis karen memotong bawang merah, namun seiring dengan berjalanya waktu saya jadi mengerti cara bagaimana memotong bawang merah tanpa menangis. Tentu tidak hanya saya saja yang menangis seperti anak kecil yang cengeng andapun juga pernah mengalami hal yang demikian kan? Untuk itu anda tidak perlu terlalu khawatir karena saya akan membagikan tips bagaimana supaya anda tidak menangis ketika memotong bawang merah, berikut ini adalah tips memotong bawang merah tanpa menangis dari saya.
Cuka
Lumuri atau semprotkan cuka pada telenan atau alas anda memotong bawang. Dengan melumuri  telenan dengan cuka maka anda dapat menghentikan semprotan zat pemerih pada bawang sehingga mata anda tidak akan perih atau pedih sehingga anda dapat menangis.
Masukan bawang merah ke dalam lemari es
Salah satu trik yang saya pakai adalah mendinginkan bawang merah dengan memasukan bawang ke dalam lemari es atau kulkas kira-kira 30 menit atau bisa kurang, yang terpenting adalah bawang sudah berada dalam kondisi dingin. Kenapa dingin? Untuk anda ketahui kondisi bawang merah yang dingin dapat memperlambar reaksi kimia pada bawang ketika dipotong, sehingga ketika dipotong tidak akan berefek atau membuat pedih mata anda. Akan lebih baik kalau sebelum dimasukkan kedalam lemari es di kupas terlebih dahulu seperti yang biasa saya lakukan. Kalau anda tidak memiliki lemari es, anda bisa menggunakan es batu, pecah es batu tersebut kemudian rendam bawang merah pada es batu tersebut.
Gunakan pisau yang tajam
Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong bawang merah tersebut tajam tidak tumpul. Pisau yang tumpul akan membuat  irisan tidak sempurna dan juga membuat semburan cairan pada bawang ke mata anda. Saya sendiri biasa mengasah pisau saya terlebih dahulu jika pisau saya tidak tajam.
Menggunakan air mengalir
Cara yang satu inii sedikit sulit tapi tetap berhasil, salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan memotong bawang merah pada air yang mengalir, dengan air yang mengalir maka bawang tidak akan bisa menyemprotkan zat yang membuat mata perih ke mata kita karena terhalang oleh air yang mengalir. Atau anda bisa juga memotong bawang di dalam air.
Cara memotong
Ada teknik tertentu cara memotong bawang merah sehingga sangat berguna untuk mengurangi semprotan cairan yang membuat mata jadi perih. Potong terlebih dahulu bagian atas dari bawang baru kemudian anda kupas bawang.  Jangan potong bagian akar atau bagian bawah dari bawang merah terlebih dahulu, karena bagian bawah dari bawang memiliki kandungan zat pemerih sangat tinggi dibandingkan dengan bagian yang lain sehingga dapat membuat mata anda jadi perih. Cara memotong yang seperti ini dapat mengurangi semburan zat pemerih mata anda.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,