Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Hampir semua orang mengenal singkong karena singkong sendiri merupakan salah satu bahan makanan asli dari Indonesia, tidak heran kalau kita seringkali mendapati banyak sekali makanan tradisional asli dari indonesia yang memiliki bahan baku dari singkong itu sendiri. Dan sebagai orang yang asli dari indonesia anda tentu sangat mengenal singkong.
Namun banyak sekali terutama anak-anak sekarang yang cenderung meremehkan singkong karena dianggap sebagai makanan desa dan sama sekali tidak memiliki keistimewaan, bagi anak sekarang burger dan pizza merupakan makanan yang jauh lebih istimewa dibandingkan dengan getuk yang berbahan baku singkong. Hal ini sangat disayangkan karena singkong merupakan bahan makanan yang sangat sehat, karena mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh kita. untuk itu sangat penting untuk digalakan makan singkong terutama bagi orang indonesia. Dari depkes sendiri singkong merupakan bahan makanan pengganti nasi terbaik, jadi dengan membudidayakan singkong maka secara tidak langsung meng edukasi masyarakat indonesia agar mengurangi ketergantungan terhadap singkong itu sendiri.
Penurun berat badan
Singkong ternyata juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, hal ini saya ketahui setelah saya membaca di jurnal makanan sehat terbitan luar negeri. Singkong memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sekali sehingga sangat membantu fungsi usus dalam menghancurkan kolesterol jahat dalam usus, dengan memberikan asupan makanan pada bakteri baik dalam usus. Bakteri baik inilah yang berfungsi untuk menghancrukan berbagai kolesterol jahat dalam tubuh. dalam berbagai penelitian disebut singkong juga sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. sehingga dapat memperlancar dan mengatur tekanan darah kita.
Mencegah masalah pencernaan
Singkong juga sangat bermanfaat untuk mengatasi dan mencegah sejumlah masalah pencernaan melancarkan pencernaan sehingga dapat mengatasi sakit susah buang air besar. Jadi jika anda memiliki keluhan susah buang air besar cukup dengan makan singkong maka buang air besar akan kembali lancar.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita
Singkong memiliki berbagai nutrisi tinggi yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh diantaranya adalah besi, seng, tembaga, mangan dan juga magnesium. Sejumlah kandungan nutrisi tersebut memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. dalam berbagai penelitian juga disebutkan bahwa singkong memiliki peran untuk membantu regenerasi sel tubuh kita, jadi sel tubuh yang sudah rusak digantikan dengan sel tubuh yang masih sehat.
Mencegah anemia
Anemia atau lebih sering disebut sebagai penyakit kurang darah ternyata juga dapat disembuhkan dengan mudah oleh singkong, hal ini karena singkong memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B kompleks, riboflavin, thiamin dan juga asam patotenat yang mana nutrisi tersebut sangat penting untuk menghindarkan kita dari resiko penyakit anemia.
Mencegah penyakit jantung
Kandungan serat pada singkong mampu menghancurkan berbagai kolesterol jahat yang menumpuk pada dingding arteri sehingga secara otomatis mampu memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah dan pada akhirnya akan menurunkan resiko penyakit jantung.

Itulah beberapa manfaat singkong bagi kesehatan kita, selain itu singkong adalah makanan yang bisa dimodifikasi menjadi berbagai macam kue atau jajanan sehingga dapat dinikmati dengan berbagai cita rasa, tentu anda tidak akan kesulitan memberikan jajanan sehat pada anak anda karena anak-anak pada dasarnya sangat menyukai jajanan dan kue. Singkong juga bisa dibuat menjadi tape dengan metode fermentasi dan akan bermanfaat sebagai makanan probiotik bagi anda.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,