Cara agar Anak Suka Makan Sayur

Orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh dengan sehat. tetangga saya memiliki seorang anak dan sebagai orang tua tentu tetangga saya ingin anaknya tumbuh dengan sehat, dan salah satu caranya adalah dengan memberikan makanan yang bergizi salah satunya dengan sayuran. Namun sayangnya anak dari tetangga saya tidak suka dengan sayuran malah lebih menyukai jajanan di lingkungan sekolah yang tidak terjaga kesehatanya. Seringkali bekal yang dibawah oleh anak tetangga saya utuh atau tidak disentuh sama sekali atau paling banter menyisakan sayuran hijau, jadi si anak tidak mau makan sayuran sama sekali.
Tidak hanya tetangga saya, anda yang memiliki anak tentu sering mengalami hal yang demikian anak-anak biasanya lebih suka makan jajanan yang memiliki kandungan nutrisi yang rendah sehingga tidak baik bagi kesehatan si anak. Padahal kandungan nutrisi pada sayuran hijau sangat penting untuk pertumbuhan si anak karena si anak memang dalam masa pertumbuhan. Anda tentu tidak ingin mengalami hal yang demikian bukan? berikut ini beberapa tips bagaimana agar sayuran hijau disukai oleh anak-anak.
Beri pengertian pentingnya sayuran hijau
Berilah pengertian betapa pentingnya sayuran hijau pada si anak, anda tidak harus menjelaskan secara detil manfaat serta kandungan nutrisi sayuran hijau pada si anak. Pakailah bahasa yang mudah dimengerti oleh si anak, misalnya kasih tahu kalau popeye itu menjadi kuat karena makan sayuran bayam, atau beri juga pengertian kalau ingin pandai seperti habibie maka makan sayuran hijau menjadi satu keharusan.
Beri contoh orang yang kurang sayuran
Kasi contoh pada anak anda beberapa orang yang sakit karena kuran nutrisi dan sampaikan padanya betapa berbahayanya kalau kekurangan sayuran hijau pada kesehatan kita. dengan makan sayuran hijau maka dapat menghindari berbagai macam penyakit berbahaya.
Buat bekal makanan menarik
Buat bekal makanan yang berisi sayuran hijau menjadi semenarik mungkin hal ini sangat berguna untuk merangsang si anak menyukai makan tersebut. anda bisa membuat atau memodifikasi makan dengan wortel sebagi hidung bayam sebagai rambut pada kepala dan nasi dalam bentuk yang bundar seingga membentk wajah orang atau tokoh kartun yang disukai oleh anak. Untuk anda yang berada di kota besar dan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal yang demikian, banyak jasa pembuat makanan atau katering yang menyediakan jasa seperti ini.
Modifikasi makanan
Salah satu cara agar anak makan sayuran adalah dengan memodifikasi makanan itu sendiri misalnya daging dihaluskan dan dicampur dengan sayuran kemudian disatukan dalam bentuk bundar seperti perkedel maka si anak jika makan daging tersebut mau tidak mau juga akan makan sayuran juga. Atau seperti mi yang menjadi makanan favorit dari si anak, anda bisa membuat mie sendiri dengan memasukan sayuran yang sudah diblender sehingga halus kedalam adonan yang akan dibuat menjadi mi dengan demikian anak akan makan mi sekaligus juga sayuran.
Jajanan sehat
Anak sanga suka sekali dengan jajanan, nah anda bisa memberikan jajanan sehat pada si anak seperti jajanan getuk yang terbuat dari singkong yang sangat menyehatkan si anak. Jajanan seperti pastel juga sangat sehat karena ada wortel dalam isinya. Anda juga bisa melakukan berbagai kreatifitas lainya dengan memasukan unsur sayuran pada jajanan untuk anak anda.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,