Tips Menyelamatkan Smartphone yang Tercebur Air

Cara menyelamatkan smartphone yang tercebur ke air ini terinspirasi dari pengalaman saya sendiri dimana smartphone saya sendiri pernah tercebur dalam air, dimana waktu itu smartphone saya tercebur ke bak mandi pada waktu akan mandi, tapi untung setelah mendapatkan nasehat tips dan cara menyelamatkan smarphone saya dari teman saya, alhamdulillah smarphone saya bisa terselamatkan tidak rusak dan tidak kurang satu apapun. Menurut saya banyak sekali orang yang memiliki pengalaman yang sama dengan yang saya alami tersebut paling tidak satu kali seumur hidup dan saya yakin kebanyakan dari mereka menggantinya dengan smartphone yang baru karena rusak, namanya juga manusia ya gak? Mengganti atau beli smartphone yang baru tentu membutuhkan biaya yang mahal bukan? tidak sedikit uang yang dikeluarkan sayang sekali bukan?
Berikut ini saya akan bagi pengalaman saya bagaimana menyelamatkan smartphone yang tercebur, basah atau terendam dalam air.
Usahakan untuk tidak terendam air terlalu lama
Apabila smartphone anda terendam air tanpa sengaja usahakan tidak terlalu lama terendamnya. Smartphone yang terendam terlalu lama akan membuat semua komponen dari smartphone sampai bagian yang terkecil sekalipun akan basah.
Pastikan ponsel dalam keadaan mati
Pastikan untuk mematikan ponsel atau smartphone terlebih dahulu jika masih dalam keadaan hidup, karena ponsel atau smartphone merupakan barang yang memiliki komponen elektronik yang mengandung linstrik jika hidup. Air dan listrik merupakan dua hal yang tidak dapat digabungkan karena akan terjadi konsleting, penting sekali untuk diketahui jika terjadi konselting maka bisa dipastika akan mengakibatkan komponen ponsel atau smartphone akan rusak dan sulit sekali untuk diperbaiki.
Cabutlah baterai pada ponsel anda untuk berjaga-jaga agar anda atau orang lain tidak menghidupkan ponsel anda tersebut.
Cabut sim card anda
Segera lepas karti sim anda untuk berjaga-jaga agar kartu sim anda tidak rusak, karena kartu sim sangat penting bukan karena harga dan fisiknya semata namun data-data yang terseimpan pada kartu sim tersebut sangat berharga.
Lepaskan casing atau penutup
Lepaskan semua casing atau penutup dari ponsel anda, hal ini untuk mengeluarkan air dari ponsel anda dengan segera dan membuat ponsel anda menjadi cepat kering. Casing atau penutup ponsel yang tidak segera dilepaskan akan membuat air pada ponsel anda akan mengendap karena kesulitan untuk keluar dari ponsel anda sendiri.
Bersihkan dengan alkohol
Bersihkan terlebih dahulu ponsel yang basah dengan alkohol, anda bisa mendapatkan alkohol di berbagai toko. Alkohol sangat berguna untukmembersihkan ponsel anda dari berbagai kemungkinan kotoran yang mungkin dibawah oleh air ke ponsel anda, disamping itu alkohol juga sangat membantu untuk membuat ponsel menjadi kering dengan segera, karena cairan alkohol sendiri memiliki sifat mudah dan cepat menguap.
Keringkan
Keringkan ponsel yang basah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung, jemur dengan waktu yang lama untuk memastikan ponsel anda benar-benar kering. Atau kalau anda tidak suka untuk mengeringk dengan sinar matahari anda bisa menggunakan pengering rambut , pengering rambut sangat berguna untuk mengeringkan ponsel anda lebih cepat karena memiliki suhuh yang lebih tingi dibandingkan bila menjemur di bawah sinar matahari. Baik matahari maupun pengering rambut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kalau dibawah sinar matahari tentu memerlukan waktu yang lebih lama dan mungkin akan kena kotoran karena berada di luar ruangan sedangkan kalau pengering rambut berlangsung dengan cepat namun membutuhkan usaha dari anda untuk mengeringkanya.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,