Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling berbahay di dunia saat ini, bahkan WHO sendiri menempatkan penyakit jantung sebagai penyakit paling berbahaya nomor satu. Sudah banyak orang yang menjadi korban keganasan dari penyakit jantung ini. Penybebab dari timbulnya penyakit jantung sendiri salah satunya adalah tersumbatnya jaringan arteri dalam pembuluh darah, hal ini bisa disebakan oleh kolesterol atau berbagai zat lainya yang menemplek pada dinding arteri sehingga menyumbat atau menggaggu sistem peredaran darah dalam tubuh.
Tersumbatnya atau terganggunya sistem peredaran darah dalam tubuh tentu akan membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu. Dan salah satu organ utama yang terganggu adalah jantung. Terganggunya distribusi oksige dan juga darah ke dalam jantung inilah yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung.
Adalah gaya hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung, di dunia sendiri jumlah penderita penyakit jantung telah meningkat berlipat-lipat. Merokok, alkohol menjadi salah satu penyebab utama dari penyakit jantung. Disamping itu berbagai makanan tidak sehat juga memiliki peranan dalam meningkatkanya jumlah penderita penyakit jantung. Anda tentu tidak inginkan kelak menderita penyakit jantung, berikut ini adalah beberapa tips atau cara yang berguna untuk menghindarkan anda dari serangan penyakit jantung.
Berhenti merokok
Hentikan segala kebiasaan buruk seperti merokok dan minuman alkohol, rokok sendiri merupakan salah satu penyebab utama dari penyakit jantung karena rokok mengandunga berbagai zat yang berbahaya seperti nikotin yang menjadi penyebab utama dari serangan penyakit jantung. Ada banyak sekali berbagai zat yang terdapat pada rokok dan dapat meningkatkan resiko serangan penyakit jantung. Pun demikian dengan alkohol yang dapat meningkatkan resiko serangan penyakit jantung.
Hindari makanan yang mengandung senyawa kimia
Hindari berbagai makanan yang mengandung berbagai bahan kimia berbahaya. Biasanya berbagai makanan ringan yang di produksi mengandung berbagai senyawa berbahaya. Senyawa kimia tersebut biasanya memang dipakai untuk kepentingan pengawet makanan dan juga pemanis makanan. Berbagai senyawa kimia yang terdapat dalam makanan ini nantinya akan mengendap dan menempel dalam tubuh kita dan dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, jantung dan juga stroke.
Makanan sehat
Segera ganti pola makan anda menjadi pola makan yang sehat, berbagai makanan sehat tersedia sangat berguna untuk membantu menghindari serangan penyakit jantung seperti sayuran hijau, brokoli, dan juga ikan tuna atau ikan salmon. Ikan tuan dan salmon sendiri sudah dikenal secara luas mampu menurunkan resiko penyakit jantung karena kandungan omega-3 nya. Dan berbagai penelitian juga sudah menyebutkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi sayuran hijau dan ikan memiliki resiko terkena serangan penyakit jantung lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak.
Olahraga
Olahraga atau setidaknya bergerak secara aktif memiliki kontribusi yang positif dalam menurunkan resiko serangan penyakit jantung. Dengan olahraga anda bisa membakar lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Salah satu dampak negatif dari pola hidup yang modern adalah semakin jarang olahraga atau bergerak secara aktif. Kebanyakan orang-orang saat ini lebih suka untuk duduk-duduk di depan TV atau di depat komputer yang tentu saja sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan jantung kita. jantung kita juga perlu untuk dipompa tiap harinya dengan olahraga, karena selain berguan untuk memperkuat otot jantung kita juga berguna untuk menambah kadar volume oksige dalam jantung kita.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,