8 Tips Makanan Dan Minuman Penambah ASI

Menyusui adalah kewajiban seorang ibu, air susu ibu atau ASI merupakan asupan makanan bergizi terbaik bagi seorang ibu. Tidak ada makanan atau minuman yang bisa menggantikan ASI dengan lebih baik. Banyak iklan televisi yang marak saat ini mengenai susu kaleng pengganti ASI hendaknya hanya dibuat sebagai strategi marketing belaka, karena sesungguhnya air susu ibu adalah yang terbaik untuk tumbuh kembang buat hati.
ASI gizi yang sempurna jauh lebih baik jika dibandingkan dengan susu kaleng ASI memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menambah energi dari sang bayi. Kandungan protein dan laktosa lebih tinggi dari susu kaleng, kandungan ini sangat bergunan bagi pertumbuhan dan kecerdasan dari sang bayi. ASI juga memiliki tingkat ekonomis yang tinggi bagi ibu mengingat saat ini harga susu kaleng gila-gilaan mahalnya, jadi buat apa membeli mahal susu kaleng kalau sudah ada ASI yang jelas-jelas gratis dan memiliki kualitas lebih baik.
ASI yang gratis dan praktis karena tanpa harus memasak terlebih dahulu sangat berperan penting untuk mempererat jalinan psikologis antara bayi dengan sang ibu karenan ada cinta dan kASIh ketika menyusui. Dengan demikian perkembangan anak secara psikologis menjadi baik dalam jangkan panjangnya.
Namun perlu adanya asupan makanan yang baik buat sang ibu untuk menjamin pasokan air susu bagi bayi. Berikut ini adalah makanan-makanan yang sangat baik untuk menambah air susu ibu. Namun demikian diharapkan untuk berkonsultASI dengan dokter, konsultASI dengan dokter merupakan langkah utama, karena dokter lah yang paling tahu kondisi anda:
  1. Ikan salmon: ikan salmon merupakan sumber gizi yang sangat baik bagi salmon memiliki kandungan DHA yang sangat penting bagi pertumbuhan sistem syaraf bayi. DHA sendiri sebenarnya kandungan gizi yang sudah ada pada ASI, namun untuk meningkat jumlah DHA ada baiknya sang ibu mengkonsumsi makanan ini. DirekomendASIkan 2 porsi dalam satu minggu.
  2. Sayur-sayuran hijau: sayuran hijau merupakan makanan yang meiliki kandungan protei dan vitamin B6, asam folat yang sangat penting bagi ibu menyusui.
  3. Susu, yogurt dan keju: merupakan bahan makanan yang banyak mengandung kalsium, sangat penting bagi pertumbuhan tulang bayi usahakan untuk meminum susu yang memiliki kandungan lemak rendah.
  4. Daging sapi: daging sapi rendah lemak merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi, zat besi sangat penting bagi ibu menyusui agar memiliki energi yang cukup untuk menyusui bayi.
  5.  Ubi jalar: ubi jalar memiliki kandungan karotenoid dan zat besi sangat menunjang produksi ASI selain juga sebagai sumber energi dari ibu.
  6. Kacang-kacangan: kandungan protein non hewani dari kacang kedelai sangat tinggi serhingga dapat meningkatkan produksi ASI ibu. selain itu kacang kedelai juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi.
  7. jeruk dan blueberry: memiliki kandungan vitamin C dan mineral yang tinggi sangat baik untuk menambah energi bagi ibu yang menyusui, selain itu juga memiliki kandungan kalsium yang cukup. enaknya buah-buahan ini lebih praktis untuk dikonsumsi karena tanpa harus dimasak terlebih dahulu.
  8. telur: telur merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi disamping itu telur memiliki kandungan DHA yang sangat berguna untuk meningkatkan produksi asam lemak dalam ASI.
Demikian berbagai makanan yang berguna untuk meningkatkan produksi ASI baik dari segi kuantitas maupun kualitas. usahakan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang minim kandungan pestisida nya yang  paling baik adalah sayur atau buah organik.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,