Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Kita

Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Kita
Tidur merupakan kegiatan alamiah dari manusia untuk istirahat di malam hari. Dengan tidur kita memberi kesempatan bagi tubuh kita untuk beristirahat sehingga tubuh kita akan segar bugar di pagi harinya ketika kita bangun tidur di pagi hari. Karena itu kualitas tidur sangat berpengaruh terhadap produktivitas hidup kita karena kualitas tidur yang buruk tentu akan berakibat tubuh kita
kurang siap kalau dibuat kerja karena kurang istirahat. Dalam jangka panjang kualitas tidur yang buruk juga akan menimbulkan penyakit tertentu misal stroke dll, yang umumnya di karenakan kegiatan gila kerja namun kurang istirahat dan tidur.
Tidak hanya dari sisi produktivitas namun juga dari sisi kualitas hidup kita. Kurang tidur akan menyebabkan kecenderungan mudah marah, kurang bertenaga dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari berpikir juga kurang jernih. Initinya kualitas tidur akan mengganggu psikologi seseorang, sehingga daya pikir juga akan terganggu. Dari sisi medis orang susah tidur disebut-sebut mengidap penyakit insomnia.
Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna untuk memperbaiki kualitas tidur kita:
  1. Usahakan tidur pada jamnya rata-rata jam 9 jangan sampai tidur terlalu larut malam.
  2. Singkirkan jam weker untuk membangunkan anda, karena bangun tidur secara alamiah jauh lebih baik daripada dibangunkan jam weker. Anda harus percaya pada diri anda sendiri bahwa anda mampu bangun tepat waktu tanpa bantuan jam weker. Karena manusia itu sendiri memiliki alam bawah sadar yang mampu mengatur itu semua.
  3. Singkirkan segala hal yang mengganggu tidur anda seperti suara-suara atau cahaya lampu supaya anda dapat tidur dengan nyenyak suara yang berisik sangat mengganggu kenyamanan tidur kita, sedangkan kondisi ruangan yang gelap sangat menunjang kenyamanan tidur.
  4. Menurut penelitian lama waktu ideal yang diperlukan untuk tidur adalah 6 – 8 jam, untu itu usahakan untuk tidur selama rentang waktu tersebut.
  5. Hindari kebiasaan menonton televisi sebelum tidur, karena hal ini sangat buruk bagi tidur anda karena dengan menonton televisi secara tidak langsnung kita nantinya akan membawa ke alam bawah sadar acara-acara yang kita tonton di televisi. Hal ini tentunya sangat buruk bagi kualitas tidur kita, meskipun banyak sekali orang-orang yang hanya bisa tidur kalau menonton televisi terlebih dahulu. Namun tetap saja kualitas tidur yang buruk akan membuat tubuh kita kurang segar ketika bangun.
  6. Hindari untuk minum kopi secara berlebihan. Minum kopi buat saya sendiri sangat baik untuk memulai suatu aktfitas, namun kalau berlebihan berakibat pada susah tidur hal ini di kerenakan kandungan kafein di dalamnya.
  7. Menggunakan aroma terapi karena ternyata aroma terpai seperti bunga lavender mempercepat tidur kita.
  8. Olahraga, Melakukan olahraga secara rutin sangat membantu anda untuk cepat tidur dan tepat waktu.
  9. Usahakan unutuk tidak melakukan aktifitas lain selain tidur ketika berada di tempat tidur, karena banyak orang terbiasa membaca, bermain tablet atau menonton televisi di tempat tidur sebelum tidur.
  10. Usahakan untuk tidak makan besar ketika menjelang tidur karena dengan tidur selain kita beristirahat menghilangkan capek dan lelah, kita juga mengistirahatkan organ kita dari proses metabolisme yang berlebihan.
  11. Bersikap tenang rileks katika akan tidur, karena sikap rileks akan sangat membantu kualitas tidur kita. Sebaliknya sikap seolah-olah banyak pikiran akan semakin mempersulit kita untuk tidur.
  12. Terakhir pola makan makanan sehat sangat menunjang kualitas tidur kita
Demikian beberapa tips yang sangat membantu anda untuk memperbaiki kualitas tidur anda sehingga anda akan mendapatkan kualitas hidup yang lebih menyenangkan.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,