Tips Cara Merawat Buku Agar Awet

Buku merupakan sarana pengetahuan bagi kita semua, dengan buku kita mendapatkan pengetahuan dari seluruh penjuru dunia. Buku juga merupakan gerbang membuka cakrawala pengetahuan, dengan membaca buku kita bisa mendapatkan banyak hal dari pengetahuan, sampai dengan kebijaksanaan hidup. Buku juga membantu kita untuk mendapatkan pengetahuan yang berguna bagi hidup kita.

Misalnya kita ingin membuka warung makan tapi kita tidak bisa memasak, kita tinggal baca buku tentang resep masakan dan mempraktekanya, kita juga bisa membaca buku mengenai manajemen warung jika kita ingin warung kita memiliki manajemen yang baik dan menjadi warung yang besar. Dengan kata lain buku juga bisa berguna meningkatkan derajat hidup kita karena skill untuk hidup bisa kita dapatka dari buku, yang kemudian kita praktekan tentunya.
Namun seringkali kita melupakan perwatan buku itu sendiri dengan alasan sudah di baca sehingga tidak berguna sama sekali, padahal buku bisa kita jadikan aset perpustakaan pribadi kita sehingga nantinya kita tidak perlu bingung atau musti beli ke toko buku jika nantinya kita membutuhkanya dan tentunya akan sangat berguna nantinya buat keluarga kita. Memiliki koleksi buku merupakan suatu keharusan, dan jangan lupa perawatan buku menjadi penting agar buku-buku kita tidak kusam dan dimakan rayap, atau buku tetap utuh sehingga tetap enak di baca walaupun sekian lama tidak dibaca. Berikut ini adalah tips merawat buku buat kita yang senang dengan buku atau pecinta buku alias kolektor:
Memegang buku
Pastikan ketika memegang buku memegang bagian depan buku yang dibuka dan jangan memegang buku bagian punggung (untuk lebih jelasnya bisa diihat pada gambar dibawah ini ). Memegang  buku bagian punggung akan membuat buku terbuka dan seiring kali mebuat lembaran buku bergoyang karena angin, sehingga secara tidak langsung akan membuat pereka atau jahitan pada punggung buku menjadi kurang kuat dan pada nantinya akan membuat halaman buku menjadi lepas.
Membuka halaman buku
Buka halaman demi halaman buku denga hati hati hindari membuka halaman buku dengan sudut kelengkungan halama lebih dari 90 derajat, karena dalam jangka panjang akan membuat halaman buku menjadi cepat kusam dan cepat rusak.
Menandai buku
Jika kita sedang membaca buku tentu kita ingin menandai kata atau kalimat yang menurut kita penting biasanya digunakan spidol atau stabilo, ada baiknya menghindari spidol atau stabilo untuk menandai buku karena akan merusak buku, bekas tinta spidol atau stabilo dalam jangka waktu tertentu akan meluber kemana-mana. Sehingga akan membuat buku menjadi kusam dan kotor, gunakan pensil sebagai penanda, dan garis bawahi kalimat yang menurut anda penting. Atau gunakan kertas sebagai catatan dan selipkan kertas tersebut di halaman tempat kita mendai.
Makan dan minum saat membaca
Hindari makan atau minu selagi membaca, usahakan makan dan minum dilakukan setelah atau sesudah membaca. Kalau dilakukan sebelum membaca pastika tangan anda bersih terlebih dahulu sehingga buku anda tidak ikut kotor karena bekas makanan anda.
Jangan dipinjamkan
Anda bisa meminjamkan buku pada orang-orang yang memang anda percaya bahwa orang tersebut bisa merawat buku anda dengan baik. Seringkali banyak sekai orang yang meminjam buku namun tidak memiliki tanggung jawab sama sekali untuk merawat buku karena merasa bahwa buku itu bukan miliknya.
Tempat buku
Tempat buku sebagaimana mestinya, di tempat yang seharusnya buka di tempat yang sembarangan.
Buka dan bersihkan
Buka dan bersihkan buku yang sudah tidak dipakai atau tidak anda baca lagi, lakukan ini paling tidak sebulan sekali.
Hindari membaca di kamar mandi
Hindari membaca buku di kamar mandi baik apakah itu sambil buang air besar, karena membuat buku anda menjadi terkena air. Sebaiknya Lakukan aktifitas membaca setelah dari kamar mandi.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,