Merawat Kuku Kita Agar Sehat Dan Cantik

Kuku merupakan bagian dari tubuh kita yang terlihat sepele tetapi sangat penting, karena diihampir semua kegiatan kita, kita melibatkan kuku apalagi kuku sekarang ini dipandang bagian yang tak terpisahkan dengan kecantinkan, hal ini bisa dilihat pada berdirinya banyak sekali salon-salon kecantikan yang juga menyediakan jasa merawat kuku. Banyak sekali kaum wanita terutam rela menghabiskan biaya yang tidak sedikit hanya untuk merawat kuku mereka.
Berikut ini adalah cara merawat kuku dengan murah meriah gratis karena dilakukan sendiri:
Hindari gigit kuku
Jangan sekali-kali kamu menggigit karena kamu akan merusak kuku kamu, dan juga sel kulit lain di sekitar kuku biasanya ikut tercabut. Menggigit kuku juga dapat merusak tekstur kuku kamu, dimana biasanya bagian ujung kuku kamu akan menjadi kasar tidak sehalus yang lain selain itu dengan gigit kuku secara tidak langsung kamu akan terkontaminasi kuman-kuman yang mungkin menempel pada kuku mu. 
Bagaimana caranya berhenti menggigit kuku bagi yang sudah menjadi kebiasaan dan susah dihilangkan?
Mudah sekali, bagi yang sudah menjadi kebiasaan bisa dicoba tips berikut:
  • Buatlah dirimu sibuk sehingga kamu tidak sempat lagi untuk gigit kuku kamu
  • Buat mulut mu sibuk misalnya mengunyah permen karet
  • Kalau misalnya memang sulit kamu bisa mencoba dengan menutup ujung jari mu dengan lakban, dan biarkan selama 2 minggu, bisa dipastikan kamu akan dapat menghilangkan kebiasaan ini.
Bersihkan kuku kamu
Gunakan buah belimbing untuk membersihkan kotoran pada kukumu dengan cara cukup dengan menggosokkan buah blimbing ke kuku mu kemudian bilas kukumu sampai bersih.
Kamu juga bisa menggunakan air jeruk bila ingin menghilangkan warna kulit kuku kamu yang pucat, kamu tinggal mencampur air jerik dengan air hangat dan rendam kukumu di air hangat tersebut.
Perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari, air putih disini sangat berguna bagi kelembaban kulit kuku kamu. Sehingga kuku kamu akan tetap menjadi sehat, selain itu air putih akan cepat menghilangkan sel kulit mati sekitar kuku dan menggantinya dengan sel-sel kulit yang baru, sehingga kuku kamu tetap terjaga.
Selain air putih madu, minyak zaitu juga sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit kuku kamu, cara dengan mengoleskanya ke kuku kamu
Merawat kuku yang sudah kena jamur,  kuman atau bakteri
Buat kamu yang memiliki kuku yang sudah terkontaminasi jamur dan bakteri sehingga daerah sekita kuku kamu terasa gatal, kamu jangan khawatir. Berikut ini cara untuk menangkal kulit kuku yang sudah terkena jamur, bakteri atau kuman:
Cuka : siapkan cuka dalam satu wadah dan rendam tanganmu di wadah tersebut  atau kamu juga bisa dengan mengoleskan atau menyemprot cuka ke tangan mu (bagian yang gatal), kemudian diamkan sampai tangan kamu kering alasan menggunakan cuka adalah karena cuka mengandung tingkat asam yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi rasa gatal kamu.
Obat kumur : siapkan obat kumur dalam satu wadah dan rendam kuku kamu di wadah 
tersebut, atau kamu juga bisa mengoleskan atau menyemprotkan nya ke kuku kamu. Kandungan obat kumur eucalyptolsalicylat, dan thymol sangat berguna untuk membunuh jamur, kuman, dan bakteri kuku kamu.
Minyak zaitu: gunakan 1 sendok makan minyak zaitun + 2 sendok makan minyak esensial oregano kemudian oleskan pada kuku kamu. Cara ini sangat efektif membasmi bakter, kuman atau jamur pada kuku kamu. Karena oregano memiliki sifat antijamur, anti septik, dan antibakteri

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,