Cara Mengerjakan Pekerjaan Rumah Atau PR Dengan Fokus

Dunia pendidikan selalu diwarnai dengan pergantian kurikulum dari tahun ke tahun, masing-masing kurikulum memiliki warna sendiri. Walaupun kurikulum telah berganti dari tahun ke tahun satu hal yang tidak pernah berubah yaitu pekerjaan rumah atau PR yang di berikan dari guru. PR sendiri merupakan tugas yang diberikan oleh guru agar si murid bisa lebih memahami pelajaran yang diajarkan di sekolah,  tugas yang diberika ini dikerjakan di rumah siswa masing-masing.
Pekerjaan rumah atau PR menjadi bahan penilaian sendiri loh dari guru terhadap muridnya, dengan mengerjakan PR dengan fokus, kamu akan dapat menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan guru dengan mudah dan tidak terlalu terbeban. Berikut ini adalah beberapa cara mengerjakan pekerjaan rumah atau PR dengan fokus.


Persiapan peralatan
Persiapan peralatan yang kamu perlukan untuk mengerjakan pekerjaan rumah kamu, jangan sampai tidak adanya peralatan mengganggu kamu ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah kamu. Peralatan yang dibutuhkan berupa pensil, penghapus, ballpoint, penggaris dll. Siapkan semua peralatan tersebut di meja belajar kamu.

Tenang
Bersikap tenang berguna untuk menghilangkan stres sebelum mengerjakan pekerjaan rumah mu, lepaskan beban atau bayang-bayang seperti sulitnya pekerjaan rumah mu atau bayangan guru kamu yang galak. Ambillah nafas selama  5 menit untuk membuat kamu tenang dan rileks.

Cari tempat yang tenang
Carilah tempat untuk mengerjakan pekerjaan rumahmu dengan tenang, bisa kamar tidur mu sendiri dimana kamu tidak akan terganggu oleh orang lain ketika mengerjakan PR. Kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan rumahmu di luar, yang penting adalah tempat yang kamu pakai memang benar-benar steril dari potensi gangguan orang lain.
Mengerjakan pekerjaan rumah di kamar sangat membantu kamu untuk fokus karena kondisi yang tenang dan sunyi, dibandingkan dengan mengerjakan pekerjaan rumah di perpustakaan atau di taman. Kamu juga bisa mengerjakan pekerjaan rumahmu dengan mendengarkan musik jika kamu memang sangat suka musik, dengan mendengarkan musik memakai headphone kamu dapat menghindari gangguan bising suara-suara dari luar yang berpotensi membuyarkan fokus kamu.
Jangan biarkan orang lain lalu lalang ke kamar mu ketika kamu sedang belajar karenan itu sangat mengganggu fokus kamu.

Matikan gadget
Matikan semua gadget yang kamu miliki seperti smarphone atau tablet kamu, dengan smartphone yang berada dalam kondisi hidup akan membuyarkan fokus kamu ketika ada telepon masuk atau ada sms yang masuk. Saat ini smartphone juga bisa digunakan untuk aktivitas internet, jangan sekali-kali membuka facebook atau twiter ketika sedang mengerjakan PR kamu. Bermain facebook atau twiter akan membuyarkan fokus kamu, selain itu facebook akan menghabiskan waktu mu, kamu sendiri pasti sering bermain facebook dan secara tak sadar sudah berjam-jam bermain facebook padahal kamu sendiri merasa bermain hanya beberapa menit bukan.
Gunakan internet dengan bijak, misalnya gunakan internet untuk mencari bahan atau materi pelajaran yang bisa kamu pakai untuk mengerjakan pekerjaan rumah kamu.

Tidur adalah musuhmu
Seringkali kosentrasi buyar ketika merasa sediki ngantuk, perasaan ingin tidur membuat kita sedikit demi sedikit kehilangan fokus untuk kemudian terlena atau lupa denga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Untuk jangan turuti rasa kantukmu itu anggap rasa ngantuk adalah godaan yang harus kamu tahan.

Tips untuk menghindari rasa kantuk adalah jangan pernah melihat bantal, guling atau tempat tidur kamu ketika kamu sedang mengerjakan perkerjaan rumah. Melihat sedikit akan membuat kamu mengantuk karena membayangkan enaknya tidur. 

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,