Tips Menulis Buku Harian Atau Diary Bagian 2

Tulisan runtut waktu
Menulis buku harian ada baiknya sesua dengan runtutan waktu, misal kamu ingin menulis segala kejadian atau perasaanmu pada hari minggu, kamu bisa menuliskan nya mulai minggu pagi dengan kata-kata “pagi dunia” sampai dengan malam menjelang tidur “selamat tidur my diary”. Jangan khawatir jika kamu lupa atau tidak bisa menulis kan buku harianmu kamu cukup menggantinya di esok harinya dan dimulai dengan kata maaf karena tidak bisa menulis kemarin kemudian disertai dengan alasan.
Tulis dengan jujur
Kamu harus menulis buku harian mu dengan jujur tidak bohong, ini penting agar kamu terbiasa jujur setidaknya pada dirimu sendiri. Menuliskan hal-hal yang tidak benar atau bohong pada buku harianmu itu sama sekali tidak berguna, karena buku harian mu menjadi saksi kehidupanmu yang bisa kamu baca kelak. Kan tidak lucu kalau yang kamu baca itu hanyalah tulisan bohong atau palsu.
Tulis keinginanmu atau angan-anganmu
Tulislah apa yang kamu inginkan saat ini atau apa yang menjadi angan cita-citamu pada buku harianmu. Dan kamu juga bisa menuliskan kenyataan yang kamu dapat kan berhubungan dengan keinginanmu. Ingat menuliskan yang menjadi keinginan atau impian kita adalah satu langkah maju untuk membuat impian kita menjadi nyata bukan. Kalau tidak percaya tanyalah pada orang-orang yang sukses.
Hiasi buku harianmu
Hiasilah buku harian mu dengan kertan berwarna, dengan akar rumput, dengan kelopak bunga untuk memperindah buku harianmu kamu juga bisa menempelkan foto, atau surat untuk membuat kejadian yang kamu tulis pada buku harian menjadi lebih hidup dan memorial yang baik.
Perlakukan buku harian sebagai mahluk hdup
Ya mungkin ini berlebihan, namun dengan memperlakukan buku harian sebagai mahluk hidup kamu akan menjadi lebih leluasa menuliskan segala yang terjadi, kamu juga akan lebih leluasa menuangkan curahan hatimu dibandingkan dengan menganggapnya sebagai mahluk mati. Dengan menganggap nya sebagai mahluk hidup kamu akan seperti berbicara dengan orang lain setiap kali kamu menulis pada buku harianmu. Dengan menganggap nya sebagai mahluk hidup kamu juga akan lebih terbebas dari beban sehabis kamu curhat pada buku harianmu. Pokoknya jangan sampai kamu menganggap buku harian mu hanya benda mati semata, karena membuat buku harianmu menjadi tidak bermakna sama sekali.
Tulis namamu di akhir
Selalu tulis namamu di akhir tulisan mu pada buku harian mu, kamu juga bisa menambahkan tempat setelah namamu di tulis.
Tidak harus curahan hati
Kamu tidak harus menulis curahan hati kamu semata pada buku harianmu kamu juga bisa menuliskan berbagai tips, atau fakta tertentu pada buku harianmu. Asal kamu tahu banyak ilmuwan menuliskan temuannya dimulai dari buku harianya, dan banyak sekali temuan-temuan mereka tertuang pada buku harian terlebih dahulu sebelum di presentasikan pada publik. Kalau kamu suka dengan film indiana jones tentu sering melihat sang tokoh memiliki semacam buku harian, yang digunakan untuk menuliskan berbagai temuan-temuan sejarah terdokumentasikan dengan baik pada buku harianya.
Kunci buku harian mu
Kunci atau sembunyikan buku harian mu supaya aman dari orang yang usil ingin tahu tentang dirimu, usahakan hanya kamu dan buku harianmu saja yang tahu. Sekarang ini banyak sekali buku harian yang sudah dilengkapi dengan kunci sehingga buku harianmu tidak akan bisa dibuka oleh orang lain kecuali dirimu sendiri.
Dengan menulis buku harian secara tidak langsung kamu juga membudayakan budaya tulis, yang di Indonesia sendiri merupakan bangsa yang kurang menjunjung tinggi budaya tulis. Ingat bangsa yang besar dan maju di dunia memiliki budaya menulis yang baik, dan rata-rata mereka memiliki arsip atau dokumentasi yang baik terhadap sejarah mereka.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,