Cara Format Komputer Dengan Baik Dan Benar, Instal Ulang Windows 7

Format komputer adalah salah satu membersihkan disk drive komputer secara menyeluruh, dan bersifat permanen sehingga data yang sudah diformat tidak dapat dikembalikan lagi menggunakan peralatan atau tool macam apapun.
Format komputer dilakukan karena beberapa hal salah satunya adalah virus yang menyerang komputer kamu, sehingga operating sistem kamu rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi menggunakan cd master dari operating sistem kamu. Sehingga jalam satu-satunya adalah instal ulang dan pertama kali hal yang kamu lakukan sebelum instal ulang adalah kamu harus mem format komputer kamu hingga bersih, kemudian tinggal instal ulang kan  kamu juga tidak ingin komputer kamu memiliki lebih dari satu operating sistem yang ter instal.
Berikut ini adalah cara mem format komputer dengan baik dan benar juga mudah, format komputer berikut menggunakan windows 7 sebagai operating sistemnya.
Backup data mu
Yang harus kamu ketahui ketika kamu mem format komputer mu kamu akan kehilanga semua data dalam komputer kamu, untuk itu kamu perlu mem back up data kamu ke dalam flash disk kamu sehingga kamu tidak khawatir dengan data kamu yang terhapus nantinya.
Seting boot CD

Masukan terlebih dahulu CD master windows 7 Kamu, kemudian masuk ke BIO terlebih dahulu, cara nya adalah restart terlebih dahulu windows, kemudian ketika ada logo atau gambar produk komputer kamu tekan biasanya tombol-tombol yang di tekan antara F10, F12, F2 atau Del tergantung dari seting produk tersebut.
Pada Bios pilih “Boot” pada menu kemudian pilih CD-ROM Drive, disini kita sudah menseting komputer lewat CD (dalam hal ini CD master windows 7). Kemudian tekan save and changes, maka komputer kamu akan restart komputer secara otomatis.
Setup komputer
Setelah komputer restart makan akan muncul pesan "press any key to boot from CD....." kamu tinggal menekan tombol mana saja untuk booting lewat CD sehingga setup windows 7 dimulai. Kemudian akan muncul logo dari windows yang menandakan file load.
Kemudian seting preferences komputer kamu ada tiga yaitu:

languange to instal
time and curency format
keyboard or input method
jika sudah kamu tinggal klik "next".

Instal windows 7

Jika setup di atas kamu lakukan dengan benar maka kamu akan dibawa ke tampilan windows dimana kamu tinggal klik “instal now” setelah itu kamu akan masuk ke please read the license terms kemudian centang "I accept the license terms" klik “next” pilih custom (advanced) instalation
Format instalation

Dengan kamu memilih custom instalation kamu bisa memformat atau membersihkan computer atau menghapus disk kamu sebelum instalasi. Kamu akan mendapatkan pop up windows berupa berupa pertanyaan dimana instalasi windows diletakan di disk yang mana? dan kamu juga perlu untuk menghapus partisi yang lama dengan cara klik "drive option" dengan begitu kamu bisa menghapus atau membuat partisi yang baru. Yang harus kamu perhatika adalah jika kamu punya lebih dari satu partisi kamu harus memilih denga benar tempat windows tersebut terinstal biasanya instalasi berada pada disk “C”.
Klik next jika semua sudah selesai maka windows 7 secara otomatis akan terinstal, jika sudah selesai makan komputer akan melakukan restart secara otomatis, dan windows 7 akan launch dan seting computer service atau kamu bisa melewatkan nya, karena seting computer sevice bisa dilakukan nanti.
Seting username dan computer name


Disini kamu akan ditanyai username dan computer name yang  kamu inginkan, kamu juga bisa menambahkan user yang lain selain kamu. Klik “next” kemudian kamu masuk ke enter product key masukan id key windows 7 kamu di sini klik “next”

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,