Tips Memakai Lensa Kontak Sehat Dan Bergaya

Lensa kontak akhir-akhir sendang booming, pemakaian lensa kontak akhir-akhir ini semakin meningkat terutama dikalangan anak muda. Karena dengan memakai lensa kontak mata akan terlihat semakin bergaya tidak hanya sebatas untuk mengatasi mata minus saja, sejatinya lensa kontak di tujukan untuk mengatasi keterbatasan mata minus sebagaimana kacamata namun lensa kontak
lebih praktis karena pandangan mata tidak terbatas pada frame seperti ketika menggunakan kacamata. Dan tentu saja akan membuat pemakai lebih percaya diri karena memakai kacamata seringkali membuat orang kurang percaya diri.
Saat ini lensa konta lebih dari sekedar pengganti kacamata saja, namun sebagai mode bergaya karena banyak sekali model dan varian membuat mata akan memiliki berbagai bentuk dan warna. Kamu bisa memiliki mata biru atau hijau seperti bule hanya dengan memakai lensa kontak, menarik bukan. Namun demikian lensa kontak perawatan tersendiri agar mata kamu tidak iritasi karena lensa kontak, berikut ini adalah tips bagi kamu agar kamu dapat memakai lensa kontak dengan sehat sekaligus juga bergaya.
Turuti aturan
Turuti aturan yang berlaku pada produk lensa kontak tersebut atau konsultasikan lama penggunaan lensa kontak tersebut pada dokter mata. Biasa nya masa yang berlaku adalah 2 minggu, jika habis masa yang berlaku segera buanglah dan pakai yang baru. Jangan pernah menggunakan lensa kontak melebihi aturan yang berlaku dengan alasan penghematan atau alasan yang lain, memakai lensa kontak melebihi jangkan waktu yang telah ditentuka akan membuat mata kamu terkena iritasi semata.
Bersihkan tangan dan lensa kontak
Usahakan tangan kamu bersih dari kotoran dan usahakan juga lensa kontak kamu juga bersih dari kotoran dan debu sebelum memakainya. Gunakan cairan khusus pembersih yang sudah disediakan oleh produk lensa tersebut (biasanya di sediakan oleh toko penjual lensa kontak)
Disiplin pemakain dan perawatan
Kamu harus disiplin dalam hal pemakaian seperti yang sudah di tentukan, kamu juga hari melakukan perawatan yang rutin dari pembersihan lensa kontak dan penyimpanan seperti anjuran dari produk atau anjuran dari dokter.
Kalau perlu kamu juga haru memiliki jadwal rutin tertulis mengenai pemakaian dan perawatan agar kamu tidak lupa dan tetap berpegangan pada jadwal yang sudah kamu tetapkan.
Pakai lensa kontak dengan benar
Selalu gunakan cara memakau lensa konta dengan benar, yang itu dengan cara menempelkan lensa kontak bagia cembung pada ujung jari sehinggan lensa seperti membentuk mangkuk. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Hal ini sangat penting untuk keselamatan mata kamu dan kebersihan lensa mata.
Debu masuk
Jika ada debu menempel pada lensa kontakmu, kamu bisa membersihkanya dengan menggesernya ke kanan atau ke kiri atau memutarnya lakukan hal ini dengan pelan-pelan sampai debu hilang.
Pembersih
Gunakan cairan pembersih sesuai dengan yang dianjurkan jangan gunakan sabun atau air. Karena membersihkan lensa kontak tidak hanya mebersihkan kotoran semata namun juga membersihkan mikroorganisme sehingga butuh cairan khusus antimikroorganisme juga.
Jangan tidur menggunakan lensa kontak
Jangan sekali-kali dibiasakan untuk tidur menggunakan lensa kontak dengan alasan lupa atau kepraktisan semata. Memakai lensa kontak sewaktu tidur akan membuat mata kamu ternkena uklus kornea dimana akan membuat mata kamu lebih sensitif terhadap cahaya dan lainya.
Konsultasi ke dokter
Jangan malu-malu untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada masalah dengan mata kamu selama memakai lensa kontak. Dalam beberapa kasus ada yang mengalami saki perih, panas karena memakai lensa kontak dikarenakan mata alergi terhadap lensa kontak yang dipakai.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,