Manfaat Besar Bawang Merah Bagi Kesehatan Yang Harus Diketahui

Bawang merah merupakan salah satu bahan rempah yang sangat populer di negara kita, biasanya banwang merah menjadi pasangan bawang putih. Bawang merah yang memiliki family Allium memiliki menjadi bahan makanan yang sangat populer sebagai bumbu tambahan agar makanan tetap sedap. Anda tentu pernah mengiris bawang merah bukan? cipratan air pada bawang merah membuat kita mata perih dan mengeluarkan air mata, sehingga kita akan menangis. Tips agar tidak menangis ketika mengiris bawang merah, tinggal rendam terlebih dahulu pada air panas makan dijamin anda tidak akan menangis sewaktu mengirisnya.
Meskipun membuat mata jadi perih dan menangis bawang merah memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan loh, bawang merah memiliki kandungan fitokimia  yang tinggi yang berfungsi untuk menunjang kinerja vitamin C. Selain itu bawang merah memiliki kandungan senyawa kuersetin. Dan berbagai kandungan nutrisi yang lainya. Karena memiliki banyak sekali kandungan nutrisi makan bawang merah memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat  dari bawang merah.


Membantu vitamin C dalam tubuh
Kandungan utama dari bawang merah fitokimia sangat berguna untuk menunjang kinerja dari vitamin C dalam tubuh, untuk diketahui vitamin C yang bisa didapatkan pada buah seperti buah jeruk sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, berguna untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai macam serangan penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.
Menurunkan kadar kolesterol
Pada satu penelitian diketahui bahwa bawang merah mampu menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sekaligus meningkatkan jumlah produksi kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Penderita kolesterol yang berlebih lebih mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin dibandingkan dengan mereka yang tidak. Menurunkan kolesterol pada jangka panjang akan mempu mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti tekanan darah tinggi dan jantung.
Meningkatkan kesehatan tulang
Bawang memiliki kandungan sulfat yang sangat tinggi sangat berguna untuk menjaga kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis atau tulang rapuh, osteoporosis merupakan penyakit yang kerap kali mengancam pada wanita usia tua atau yang mengalami monoupose yang kepadatan tulangnya berkurang. Kandungan sulfur dapat memperkuat jaringan kuat pada tulang, jaringan ikat merupakan salah satu komponen penting pada tulang berguna untuk mengurangi resiko patah tulang seperti yang diakibatkan oleh cedera tulang.
Menurunkan resiko kanker
Pada penelitian dapat diketahui bahwa bawang merah mampun menurunkan resiko penyakit kanker, seperti yang diektahui sebelumnya bahwa bawang merah mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikan jumlah kolesterol baik (HDL) pada tubuh. Kolesterol sendiri merupakan salah satu penyebab utama dari resiko serangan penyakit kanker.
Mengurangi infeksi
Bawang merah sendiri sejak jaman dulu dipercaya berguna untuk mengurangi infeksi, karena bawang memiliki kandungan antibakteri yang sangat baik untuk membunuh bakteri seperti streptococus bawang sejak jaman dulu sudah dipercaya untuk melindungi gigi berlubang dari serangn bakteri yang dapat merusak gigi dan gusi. Bawang juga sudah digunakan sejak jaman dulu sebai obat untuk sengatan lebah, walupun rasanya sedikit panas namun terbukti untuk mencegah efek lanjut dari sengatan lebah.
Menangkal radikal bebas
Dengan perkembangan jaman yang semakin maju, maka berbagai serangan radikal bebas tidak hanya berasal dari makanan semata namun juga berasal dari lingkungan yang semakin penuh dengan polusi. Nah bawang merah sangat berguna untuk menangkal radikal bebas karena mampu menangkal dan mengikat radikal bebas.


No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,