Tips Mengobati Atau Menghilangkan Penyakit Sinus Secara Alami

Sinus merupakan penyakit penyebab peradangan di tulang daerah sekitar hidung, hal ini dikarenakan terganggunya membran yang memproduksi cairan lendir pada daerah tersebut sehingga menghasilkan lendir yang berlebih, sebenarnya produksi lendir pada daerah hidung berfungsi untuk melembabkan dan menyaring kuman atau bakteri di daerah sekitar hidung, namun produksi lendir yang berlebih akan membuat sesak pada pernapasan.
Sinus dapat disebabkan oleh beberapa hal, pada satu penelitian kosumsi susu beserta produk turunanya secara berlebih dapat menyebabkan sinus memiliki alergi terhadap susu juga memperbesar resiko sinus ketika minum susu. Dengan kualitas lingkungan yang semakin buruk juga dapat menimbulkan penyakit sinus, debu atau polutan lainya dapat menyebabkan sinus. Sakit gigi atau terinfeksinya gigi menjadi salah satu penyebab  timbulnya penyakit sinus, karena menyebabkan produksi lendir yang menumpuk pada daerah sekitar hidung yang terganggu. Hal lain yang dapat menimbulkan penyakit sinus adalah flu atau pilek, rokok, alergi makanan, dan ifeksi jamur.

Cara yang paling sederhana untuk mencegah atau menghilangkan penyakit sinus tentu saja menghindari berbagai sebab penyakit sinus seperti yang telah disebutkan diatas, seperti melakukan diet terhadap susu, keju, dan yogurt, Menghindari polusi, sampai dengan menggunakan bau-bauan aromaterapi. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit sinus.
Jeruk
Jeruk mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri atau kuman pada sinus, minum jus jeruk dapat membantu kita untuk menghilangkan penyakit sinus. Karena salah satu penyebab dari penyakit sinus adalah terinfeksinya membran penghasil sinus.

Diet
Mengubah pola makan dengan makan lebih banyak sayur-sayuran yang memiliki nutrisi tinggi, serta menghindari susu dan turunanya. Hindari juga semua makanan olahan yang mengandung bahan dasar susu seperti roti atau gorengan. Hindari pula terigu dan semua makanan olahan yang mengandung terigu sebagai bahan dasarnya, karena kandungan gluten ternyata juga dapat menyebabkan penyakit sinus. Perbanyak minum air putih untuk memberikan asupan mineral pada tubuh, karena biasanya tubuh akan butuh lebih banyak air putih selain sebagai kebutuhan tubuh, air putih juga dapat menghilangkan sinus karena berfungsi untuk menentralkan berbagai racun pada tubuh.
Garam
Air garam ternyata juga dapat membantu untuk melarutkan atau menghilangkan lendir pada hidung, caranya adalah larutkan garam pada air hangat kemudian ambil satu sendok teh air garam dan teteskan dan masukan ke hidung melalui lubang hidung.
Cabe
Cabe sudah dari dulu dipercaya sebagai obat untuk menghilangkan penyakit sinus, dengan makan makanan yang bercita rasa pedas seperti rujak dan pecel kita dapat menghilangkan penyakit sinus, tentu hal ini sangat mudah bagi kita masyarakat indonesia, karena biasanya orang indonesia sangat menyukai makanan pedas, untuk itu banyak sekali makanan asli indonesia yang memiliki bahan dasar cabe untuk menambahkan cita rasa pedasnya. Selain itu cabe bawang putih, lobak dan bawang merah juga dapat membantu untuk melarutkan cairan lendir bahan makanan lainya adalah wasabi yang merupakan bahan makanan tambahan pada makanan-makanan jepang.
Cuka apel
Cuka apel terbukti efektif untuk menghilangkan lendir, cukup dengan minum dua sendok teh cuka apel tiap harinya selama satu minggu maka sudah dapat menghilangkan penyakit sinus. Tips agar minum cuka apel bisa ditambahkan dengan madu agar tidak terasa kecut tapi manis. Cuka apel sendiri sangat efektif untuk menghilangkan lendir yang sudah padat pada daerah hidung dengan melarutkan atau mencairkanya.



No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,