6 Cara sederhana pola makan yang sehat

Pola makan yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan pola makan yang baik tubuh akan mendapatkan nutrisi yang sangat baik dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya bagi tubuh. seringkali orang tidak memikirkan pola makan yang dijalani nya karena dianggap remeh dan tidak penting. Padahal sebagian besar penyakit yang timbul 90 persen diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat.
Cara pola makan yang sehat sangat dibutuhkan terutama untuk menghadapi jaman yang semaiki modern dimana banyak sekali makanan yang tidak sehat bertebaran di pasar. Pola hidup yang serba capat, sibuk kerja akan sangat baik jika ditunjang dengan pola makan yang sehat karena selain menghindarkan dari serangan penyakit juga dapat meningkatkan produktifitas dalam bekerja dan spirit dalam menjalani hidup.
Berikut ini adalah cara pola makan yang sehat sederhana yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Gaya makan
Pola makan sederhana dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makan dikurangi paling tidak setengah dari porsi biasanya. Porsi makan yang berlebih akan membuat kita menjadi lemas dan energi tidak stabil. Usahakan selalu untuk makan di rumah agar lebih terkontrol, untuk yang kerja usahakan untuk membawa bekal makanan ke kantor selain murah kita juga dengan mudah menjaga nutrisinya bukan.
Hindari suplemen
Cara pola makan sederhana adalah dengan menghindari suplemen, banyak sekali suplemen mengandung vitamin tertentu seperti vitamin C yang berguna untuk meningkatkan energi tubuh. namun percayalah bahwa suplemen tidak baik untuk kesehatan anda karena mengandung bahan tertentu yang tidak bagi tubuh. anda harus merubah mindset anda, ketika anda lelah dan kurang energi dan ketika anda kekurang vitamin C anda harus segera mengkonsumsi buah-buahan seperti jeruk yang memang buah alami sebagai solusinya, bukan dengan makan sejumlah suplemen tertentu.
Hindari gula dan karbohidrat
Cara pola makan sederhana selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menghindari gula, gula pasir merupakan salah satu penyebab meningkatnya kadar gula tubuh jadi sangat tidak baik dikonsumsi gantilah dengan gula alternatif, madu, tebe merupaka salah satu gula yang dapat menunjang kesehatan tubuh. kebanyakan konsumsi karbohidrat juga sangat tidak baik bagi tubuh, karena karbohidrat dapat meningkatkan resiko kanker. Mengganti menghindari nasi putih dan juga roti sangat disarankan walaupun awalnya sangat berat. Anda bisa menggantinya dengan beras merah dan ubi atau singkong.
Hindari makanan olahan
Cara pola makan yang sehat dapat dilakukan dengan cara menghindari berbagai makanan olahan. Untuk diketahui makanan olahan memiliki banyak sekali kandungan gula, lemak, garam yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. bahkan beberapa makanan olahan mengandung bahan pemanis dan pengawet buatan yang berbahan kimia yang nantinya pada tubuh akan berubah menjadi radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya.
Selalu gunakan bahan makanan yang alamin berasal dari sayuran dan buah-buahan, karena kandungan nutrisinya yang tinggi baik untuk menunjang kesehatan kita. Percayalah bahwa tubuh kita memang dirancang untuk makanan-makanan alami.
Perbanyak minum air putih
Pola makan sederhana dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Idealnya kebutuhan tubuh akan air putih adalah satu liter tiap harinya. Minuman lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan adalah teh herbal yaitu mencampurkan teh dengan bahan herbal seperti jahe atau lainya. Hindari minuman kopi, alkohol, minuman instan dan minuman ringan karena memiliki kandungan gula yang sangat tinggi tidak baik untuk kesehatan tubuh.
Makanan organik

Makanan organik bersumber dari sayuran atau buah-buahan yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia seperti pestisida sehingga kandungan nutrisinya tetapa terjaga seratus persen.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,