Tips Mudah Cara Mengatasi Mudah Lelah

Tips cara mengatsi mudah lelah ini sangat berguna terutama bagi mereka yang mengalami mudah lelah atau mudah capek. Seperti diketahui dengan perubahan gaya hidup yang serba modern dan serba cepat membuat banyak sekali orang mengalami mudah lelah sehingga membuat aktivitas menjadi mudah terganggu dan cenderung tidak produktif.
Mengapa kita mudah lelah? Beban kerja sudah sedikit tetap tetap saja mudah lelah, anda sering mengalami hal yang demikian? Untuk anda ketahui orang yang mengalami penyakit mudah lelah lebih disebagkan oleh kelenjar andrenal yang terletak pada ginjal tidak berfungsi secara optima, kelenjar andrenal memiliki peranan utama karena kelenjar andrenal befungsi untuk menghasilkan hormon andrenalin dan kortisol, kelebihan hormon andrenalin dan kortisol inilah menyebabkan tubuh mudah lelah.



Hormo andrenalin dan kortisol dihasilkan oleh kalenjar andrenal sebagai reaksi dari stres atau depresi jadi disini situasi emosial merupakan faktor utaman yang menyebabkan penyakit mudah lelah atau mudah capek. Kondisi stres juga ditambah faktor lain misal kurang gizi, kurang olah raga dan kurang tidur semakin memperburuk tubuh menjadi mudah lelah.
Kita dapat mengetahui beberapa gejala yang menandakan tubuh kita mengalami mudah lelah yaitu kecemasan, nyeri sendi dan otot, mudah lupa, haid tidak teratur, libido rendah, sulit fokus, mudah marah, lebih suka garam dan kopi, dan pastinya kurang energi atau kurang tenaga. Jika anda mengalami salah satu petanda di atas maka anda harus berhati-hati karena itu petanda anda mudah lelah.
Bagaimana cara mengatasi mudah lelah? Berikut ini adalah cara mudah mengatasi penyakit mudah lelah.
Tidur yang cukup
Tidur yang cukup sangat penting untuk mencegah penyakit mudah lelah karena bagaimanapun juga tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup setelah beraktivitas seharian. Dengan tidur yang cukup kita memberi kesempata pada tubuh kita untuk istirahat dan mengembalikan fungsi kelenjar andrenal kita menjadi normal. Jadi cintai tubuh anda dengan tidur yang cukup.
Perhatikan makanan anda
Hindari makanan olahan, alkohol, kafein, gula, dan juga gorengan karena selain miskin nutrisi makanan-makanan tersebut dapat menekan kelenjar andrenal untuk melepaskan hormon andrenalin dan kortisol. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi karena karbohidrat dapat memperberat kalenjad andrenal.sebaliknya pastikan anda mendapatkan cukup nutrisi protein, anda bisa mendapatkan kandungan nutrisi protein dengan mudah pada makana seperti tahu, tempe dan telur.  Minum air putih yang cukup atau air kelapa bisa juga air jeruk lemon, untuk memenuhi kebutuhan anda akan elektrolit, elektrolit akan membuat anda semakin bertenaga karena memiliki energi lebih.
Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik gai kelenjar andrenal karena bagaimanapun juga kelenjar andrenal memerlukan sejumlah nutrisi agar dapat bekerja secara normal dan optimal. Sejumlah nutrisi yang sangat penting bagi kelenjar andrenal adalah: seng, magnesium, mangan, selenium, kalsium, vitamin B6, vitamin C, Vitamin E, dan vitmain A anda bisa mendapatkan sejumlah nutrisi tersebut dengan mudah buah-buahan dan juga sayuran.
Hindari senyawa berbahaya
Hindari berbagai senyawa berbahaya yang terdapat pada lingkungan sampai dengan produk-produk kosmetik, karena mengandung logam berat dan radikal bebas yang dapat mengganggu kinerja dan juga melemahakan fungsi dari hormon andrenal.
Hidup tenang damai

Dengan hidup tenang damai dan memiliki pikiran yang positif kita akan terhindari dari stres dan depresi, karena stres dan depresi merupakan penyebab utama dari penyakit mudah lelah. Rajin beribadah atau melakukan olahraga seperti yoga dan tai chi sangat membantun untuk hidup tenang dan damai.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,