Mengenal Berbagai Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Benarkah gula aren atau gula kelapa lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir? Gula pasir sendiri memiliki bahan dasar dari tebu yang diolah dengan peralatan pabrik yang modern sehingga menghasilkan gula pasir yang kita konsumsi sehari-hari. Namun yang menjadi permasalahan adalah ternyata gula pasir sangat tidak direkomendasikan untuk pola makan sehat karena memiliki kandungan glukosa dan kalori yang tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan tubuh karena berpotensi untuk meningkatkan resiko serangan penyakit berbahaya seperti penyakit diabetes tipe 2.
Gula kelapa saat ini menjadi salah satu alternatif populer saat ini, banyak sekali orang yang sadar akan gaya hidup sehat mengganti gula pasir dengan gula aren atau gula kelapa sebagai pemanis makanan. Gula kelapa sendiri dibuat dari sari pohon kelapa yang dikeringkan kemudian diekstrak untuk kemudian dikaramelkan sehingga akan berbentuk dan berwarna seperti gula merah.


Kandungan nutrisi dan gizi dari gula kelapa
Kalau ada yang percaya bahwan gula aren dan gula kelapa memiliki sejumlah nutrisi yang tinggi itu sama sekali tidak salah karenan kenyataanya memang demikian. Gula kelapa memiliki kandungan nutrisi seperti besi, seng, kalsium, kalium, asam lemak, polifenol, dan serat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada gula kelapa maka sudah dapat dipastikan bahwa gula kelapa memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh.
Mencegah diabetes
Walaupun memiliki kandungan kalori yang hampir sama dengan gula biasa namun gula kelapa memiliki kandungan indeks glisemik yang cukup rendah sehingga dapat menghindarkan kita dari resiko serangan penyakit diabetes. Hal ini tentu sangat bagus bagi penggemar makanan manis namun tidak ingin terkena serangan penyakit diabetes tipe 2 bisa mengganti gula biasa dengan gula kelapa ini.
Namun demikian tidak dianjurkan untuk penderita diabetes itu sendiri karena gula kelapa bagaimanapun juga masih memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga masih meningkatkan gula dalam darah terutama untuk orang yang menderita diabetes.
Mencegah serangan radikal bebas
Gula kelapa memiliki kandungan antioksidan polifenol yang tinggi sangat berguna untuk mencegah berbagai serangan radikal bebas dalam tubuh, antioksidan dalam gula kelapa juga berfungsi untuk menangkal dan menghancurkan berbagai kolesterol jahat yang menumpuk. Dengan demikian pada akhirnya gula kelapa secara efektif juga dapat menurunkan tekanan darah, mencegah kanker dan resiko jantung.
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Gula kelapa memiliki kandungan besi dan magnesium yang sangat tinggi sehingga berperan penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh. dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka tubuh akan lebih kebal dari serangan berbagai macam penyakit karena perubahan lingkungan atau karena makanan seperti penyakit flu. Hal ini tentu membuat gula kelapa jauh lebih baik apabila dibandingkan dengan gula pasir biasa.
Serat

Berita baiknya lagi ternyata memiliki kandungan serat yang tinggi, hal ini tentu saja menjadi salah satu kelebihan dari gula kelapa dibandingkan dengan gula biasa. Karena serat memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita. Serat dapat membantu kita untuk mencegah dan menghindari obesitas, serat juga membantu tubuh untuk menyerap berbagai macam vitamin dan nutrisi yang ada pada makanan yang dikonsumsi, karena serat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh, bakteri baik inilah yang bertugas untuk menyerap beerbagai nutrisi dan vitamin untuk kemudian disebarkan keseluruh tubuh. serat juga bergunah untuk memecah tumpukan lemak atau kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,