3 Jenis Minyak Goreng Yang Sehat Untuk Memasak

Minyak goreng yang sehat bagi kita merupakan bahan masak yang sangat penting, karena minyak goreng yang tidak sehat akan menimbulkan banyak sekali kemungkinan resiko terserang berbagai penyakit seperti jantung dan kanker. Minyak goreng merupakan bahan yang tak terpisahkan dalam kegiatan masak memasak dengan minyak gorenglah kita dapat memasak bahan makanan menjadi matang dan enak untuk dikonsumsi. Namun sayang sekali banyak sekali minyak goreng yang digunakan merupakan jenis minyak yang tidak sehat bagi kesehatan kita, jenis minyak goreng yang digunakan kebanyakan adalah minyak goreng yang berasal dari buah kelapa sawit.

Penggunaan minyak goreng secara berulang juga semakin memperburuk kualitas dari minya goreng tersebut. kenapa minyak goreng sangat buruk bagi kesehatan? Karena minyak goreng yang biasa kita gunakan rata-rata memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat tinggi sekali sehingga sangat buruk bagi kesehatan kita. Tingginya lemak jenuh membuat munculnya resiko serangan penyakit seperti tekanan darah tinggi, kanker dan penyakit jantung.
Jika memang minyak goreng tidak sehat, terus dengan apa kita memasak? Bukankah kita sangat membutuhkan minyak goreng untuk memasak? Tenang untuk urusan satu itu ada beberapa alternatif untuk menggantikan minyak goreng kemasan yang biasanya dari kelapa sawit. Jadi ada beberapa jenis minyak goreng yang sangat sehat untuk digunakan sebagai bahan memasak, berikut ini adalah minyak goreng sehat yang bisa dijadikan bahan untuk menggoreng.

Mentega
Mentega bisa digunakan untuk menggoreng makanan menggantikan minyak goreng dari kelapa sawit. Mentega memiliki sifat panas yang sama dengan minyak goreng pada umumnya sehingga mampu membakar makanan hingga matang.  
Mentega memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi sekali mengandung vitamin A, E dan K sehingga sangat baik untuk menunjang kesehatan kita. Dengan kandungan viamin yang dimilikinya mentega sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan sejumlah manfaat untuk kesehatan lainya.
Mentega merupakan salah satu pilihan yang terbaik jika dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya karena mentega memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya, sehingga tidak akan berakibat pada resiko penyakit berbahaya seperti kanker dan jantung.
Minyak zaitun
Minyak zaitun merupakan minyak goreng sehat karena memiliki kandungan lemak jenuh yang sangat rendah bahkan dibandingkan dengan mentega sekalipun. Zaitun sendiri merupakan minyak yang berasal dari kawasan mideterian sudah dipercaya selama berabad-abad oleh orang-orang jaman dulu karena khasiat nya untuk menunjang kesehatan tubuh. minyak zaitun tidak ada bedanya dengan minyak goreng lainya yang mampu menggoreng dan memasak bahan makanan sampai masak.
Minyak zaitun sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan memperbanyak kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. dengan demikian minyak zaitun sangat berguna untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi, penyakit kanker dan juga penyakit jantung. Untuk itu minyak zaitun seringkali dipakai sebagai pendamping utaman dalam program diet sehat.
Minyak ikan

Minyak ikan merupakan salah satu jenis minyak yang memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi namun rendah lemakn karena berasal dari ikan. Minyak ikan sangat berguna untuk menunjang sistem kekebalan tubuh karena mengandung magnesium dan besi, minyak ikan kaya akan senyawa omega 3 sehingga sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan, mengoptimalkan fungsi dari sel otak dan menghindari degenerasi sel otak yang menyebabkan kita mudah lupa.

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,