Nutrisi Seimbang Dengan Pola Makan Yang Sehat

Makan dengan nutrisi seimbang merupakan salah satu kunci pola makan yang sehat, manusia seringkali makan sejumlah makanan hanya didasarkan karena keinginan nafsu makan semata, padahal makan selain bertujuan untuk bertahan hidup, makan juga untuk menunjang kesehatan juga untuk itu sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi makanan terhadap tubuh, sehingga untuk itu motivasi makan juga harus diubah dari karena suka atau ingin makanan tertentu menjadi makan sesuai dengan kebutuhan kita.

Kebutuhan makan kita selain ditentukan oleh jumlah makanan yang kita makan, juga ditentukan oleh kandungan nutrisi pada makanan yang kita makan. Tubuh kita memerlukan banyak sekali nutrisi dan vitamin agar dapat bekerja secara optimal untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi nutrisi yang berimbang. Anjuran dari beberapa ahli sendiri adalah nutrisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang berimbang adalah syarat utama untuk tubuh yang ideal. Dan kita harus menghindari pengguna gula, garam dan lemak jenuh karena mengandung radikal bebas dan juga kolesterol jahat bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah gorengan yang merupakan perpaduan dari ketiga hal tersebut, apalagi banyak sekali gorengan yang digoreng menggunakan minyak yang berulang kali dipakai.

Makan sayuran yang berwarna
Sayuran yang berwarna hijau adalah bahan makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi, mengandung kandungan antioksidan yang dapat mencegah berbagai macam serangan penyakit berbahaya, juga mengandung banyak sekali vitamin yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita menambah energi. Sayuran juga sangat berguna untuk melakukan detosifikasi pada tubuh kita dimana racun yang berhaya akan dikeluarkan baik melaui kotoran maupun melalui keringat. Makan sayuran pada pagi hari sangat dianjurkan bagi kita untuk memberikan asupan nutrisi dan energi bagi  kita untuk melakukan berbagai aktivitas yang akan kita lakukan.
Makan buah-buahan
Menutup makan dengan buah-buahan sangat baik bagi kita, makan buah setelah makan nasi dan sayuran akan memberikan kita nutrisi, mineral dan energi disamping air putih tentunya. Buah dapat memberikan kita rasa kenyang yang cukup sehingga dapat menurunkan nafsu makan kita yang pada akhirnya akan menghindarkan kita dari makan makanan secara berlebih. Pada satu penelitian didapatkan bahwa mengkonsumsi buah setelah makan dapat mengurangi jumlah makan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi buah.
Mengkonsumsi buat sebelum tidur juga sangat baik karena akan menghindarkan kita dari rasa lapar tanpa ancaman kegemukan. Disamping itu buah sangat baik bagi metabolisme kita sewaktu tidur, karena tidak memberatkan metabolisme kita. Yang paling dahsyat adalah ternyata buah juga dapat membantu kita untuk cepat tidur sehingga menghindarkan kita dari sulit tidur, buah yang sangat baik untuk membantu kita untuk tidur salah satunya adalah pisang, pisang dapat membuat kita menjadi cepat tidur lelap.
Pola makan kita

Pola makan kita atau perilaku kita ketika makan juga sangat berperan penting, kebiasaan mengunyah makanan dengan cepat kemudian langsung menelanya juga sangat tidak baik bagi kesehatan. Cobalah untuk makan secara pelan-pelan seperti anjuran para ahli mengunyah makanan yang ideal adalah 32 kali kunyahan. Makan dengan pelan mengunyah makanan lebih banyak akan membuat makanan menjadi lebih halus, hal ini tentu akan membuat kerja dari usus menjadi lebih ringan dalam menyerap nutrisi dan vitamin dari makanan. Selain itu pada satu penelitian makan dengan pelan akan membuat perasaan kita menjadi lebih baik karena kita dapat benar-benar menikmati makanan tersebut. 

No comments:

Post a Comment

Bantu kami dengan berikan komentar kalian.....

Trims,,